NAMA P2MKP : AEP LELE
NAMA PENGELOLA : Aep Saepuddin
ALAMAT : Kp. Cipedung RT 03 RW 04 Desa Gajah Mekar Kec. Kutawaringin, Soreang Kab. Bandung
TELP/HP/FAX/EMAIL : 0812135565977 / 085722718530
USAHA PERIKANAN YANG DIKELOLA : Pembenihan dan Pembesaran Lele Sangkuriang
KAPASITAS PRODUKSI : 72 unit kolam dengan skala produksi 50.000 – 100.000 ekor benih / bulan
PRESTASI :

 

 

 

 

 

 

 

AEP LELE adalah P2MKP dengan bidang usaha budidaya pembenihan dan pembesaran ikan lele sangkurian yang berlokasi di Kp. Cipedung RT 03 RW 04 Desa Gajah Mekar Kec. Kutawaringin, Soreang Kab. Bandung yang dikelola oleh Bp Aep Saepuddin.

Latar belakang bp Aep Saepuddin menekuni usaha di bidang pembenihan dan pembesaran menjadikan tempat usahanya sebagai Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP) dikarenakan ingin berbagi ilmu pengetahuan dan teknologi dan pengalaman kepada masyarakat lain yang membutuhkan terutama di sekitar usahanya. Upaya peningkatan SDM masyarakat sekitar sudah dimulai sebelum Aep Lele dikukuhkan sbagai P2MKP yaitu melakukan penyuluhan dan pembinaan kepada masyarakat sekitar tentang teknis budidaya khususnya pembenihan dan pembesaran ikan lele sangkuriang, pembuatan pakan dan pengelolaan hama dan penyakit. Selain hal tersebut Aep Lele juga mempunyai komitmen membantu program pemerintah dalam meningkatkan ekonomi masyarakat dan tercapainya harapan pemerintah dibidang perikanan, juga rasa tanggung jawab berbuat kepada masyarakat.

Adapun basis utama bidang usaha Aep Lele adalah pembenihan dan pembesaran lele sangkuriang dengan 72 unit kolam yang ada dengan skala produksi sekitar 50.000 – 100.000 ekor benih / bulan dengan dibantu 9 tenaga kerja.

Bp. Aep Saepuddin mempunyai kunci sukses dalam berbudidaya ikan lele sangkuriang yaitu mencintai dunia perikanan khususnya lele sangkuriang, teknik pembuatan kolam dan tata guna air yang benar, pemilihan bibit lele yang berkualitas, pemberian pakan dengan teknik yang benar, mengurangi kematian ikan dengan mengasah keterampilan berbudidaya yang baik dan benar, berbudidaya lele sangkuriang dengan teknik organic bebas dari bahan kimia, menggunakan tenaga kerja sendiri. Berdasarkan potensi dan kunci sukses dalam melakukan budidaya ikan lele sangkuriang sangat jelas keberadaan P2MKP Aep Lele sangat dibutuhkan bagi masyarakat yang ingin memperlajari dan mencontoh dari kesuksesan berbudidaya ikan lele sangkuriang. Namun agar P2MKP Aep Lele lebih dapat berbagi pengetahuan kepada saudara-saudara yang lain, mengingat yang menginginkan pelatihan juga banyak yang berasal dari daerah lain dan jauh maka Aep Lele sedang berusaha menambah fasilitas penginapan dan sarana pelatihan untuk itu mohon dukungan berbagai pihak. Bp Aep Saepuddin siap dalam berusaha dan memberikan teknik budidaya lele sangkuriang dengan sederhana namun ampuh dan mudah dipelajari siapapun, Bp Aep Saepuddin mengucapkan terima kasih banyak kepada Badan Pengembangan SDM KP telah menetapkan Aep Lele sebagai Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP) karena selain kegiatan utama dari P2MKP Aep Lele yaitu budidaya ikan lele sangkuriang sekarang menjadi tempat pelatihan bagi masyarakat yang ingin belajar budidaya ikan lele sangkuriang. Bp. Aep Saepuddin sendiri tidak merasa takut akan adanya persaingan dalam budidaya ikan lele sangkuriang, namun justru apabila dalam berusaha kita mau berbagi kepada yang lain Insya Allah rejeki dan kemudahan akan di limpahkan pada kita, dan dengan bekerjasama maka kita akan lebih kuat dan maju.

 

Silahkan isi komentar anda di bawah ini :

komentar