ALANG-ALANG TUMBUH SUBUR adalah P2MKP dengan bidang usaha perikanan yang focus pada usaha pasca panen yaitu Pengolahan Ikan Lele yang Jl. Ringinsari Dusun Ringinsari Desa Randusari Kec. Teras Kab. Boyolali yang dikelola oleh Ibu Tri Wahyuni. Berikut profil lengkapnya :

NAMA P2MKP : ALANG-ALANG TUMBUH SUBUR
NAMA PENGELOLA : Tri Wahyuni
ALAMAT : Jl. Ringinsari Dusun Ringinsari Desa Randusari Kec. Teras Kab. Boyolali
TELP/HP/FAX/EMAIL : 08156757003 / inuyhaw_irt@yahoo.com
USAHA PERIKANAN YANG DIKELOLA : Pengolahan Ikan Lele
KAPASITAS PRODUKSI : Produksi abon lele, kripik ikan lele sebesar 1 ton per bulan. Produksi ikan lele lainnya fillet ikan lele dan olahan fish jelly seperti otak-otak, nugget dan kaki naga
PRESTASI :  –

Latar belakang Ibu Tri Wahyuni menekuni usaha di bidang pengolahan ikan lele menjadikan tempat usahanya sebagai Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP) dikarenakan ingin berbagi ilmu pengetahuan dan teknologi dan pengalaman kepada masyarakat lain yang membutuhkan terutama di sekitar usahanya khususnya para pelaku usaha budidaya ikan lele. Upaya peningkatan SDM sudah dimulai sebelum Alang – Alang Tumbu Subur dikukuhkan sebagai P2MKP yaitu melakukan penyuluhan dan pembinaan kepada masyarakat sekitar tentang pengolahan ikan lele, pemberian konsultasi baik untuk pengolahan, pengemasan dan pemasaran. Selain hal tersebut Alang – Alang Tumbu Subur juga mempunyai komitmen membantu program pemerintah dalam meningkatkan ekonomi masyarakat dan tercapainya harapan pemerintah dibidang perikanan, juga rasa tanggung jawab berbuat kepada masyarakat.

Adapun basis usaha utama dari Alang – Alang Tumbuh Subur adalah Produksi abon lele, kripik ikan lele sebesar 1 ton per bulan. Produksi ikan lele lainnya fillet ikan lele dan olahan fish jelly seperti otak-otak, nugget dan kaki naga. Produk P2MKP Alang – Alang Tumbu Subur sudah tersebar ke kota-kota besar seluruh Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Jogyakarta, Palembang, Pontianak, Bandung, Cilacap, Sidoarjo, Makassar, Tanggerang. Usaha pengolahan ikan lele berawal dari keprihatinan ibu Tri Wahyuni tentang anjloknya harga ikan lele setelah panen raya. Hasil produksi ikan lele di Kab. Boyolali mencapai 15 ton per hari dan tersebar di beberapa wilayah kab. Boyolali. Sedangkan untuk pengolah ikan lele kurang dari 5 kelompok wanita tani. Untuk itu keberadaan P2MKP Alang – Alang Tumbuh Subur sangat diperlukan untuk mendorong sector indutrialisasi berbasis mikro guna menyerap hasil perikanan, untuk bisa mewujudkan industry perikanan modern.

Ibu Tri Wahyuni selaku pengelola P2MKP Alang-alang Tumbuh Subur mengucapkan terima kasih kepada Badan Pengembangan SDM Kelautan dan Perikanan karena telah menetapkan Alang-alang Tumbuh Subur menjadi Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP). Hal tersebut menambah kegiatan di Alang-alang Tumbuh Subur selain kegiatan utama memproduksi olahan ikan lele juga membuka pelatihan bagi masyarakat, pelajar, mahasiswa yang ingin berlatih di P2MKP Alang-alang Tumbuh Subur, selain itu akan menambah mitra baru bagi P2MKP Alang-alang Tumbuh Subur.

P2MKP Alang-alang Tumbuh Subur berharap melalui P2MKP ini dapat lebih berkerja sama dengan lembaga lain dan terutama dapat menularkan ilmu pengolahan hasil perikanan khususnya Pengolahan Ikan Lele kepada masyarakat lain sehingga tujuan dari P2MKP Alang-alang Tumbuh Subur ini berdiri yaitu Mensejahterakan Masyarakat dan mengurangi penganguran dapat tercapai.

Silahkan isi komentar anda di bawah ini :

komentar