NAMA P2MKP : AWANINDO MANDIRI
NAMA PENGELOLA : Andi Baso Mappaewa
ALAMAT : Jl. Poros Makassar-Maros KM 23 Lingkungan Padang Alla Kel. Hasanuddin Kec. Mandai Kab. Maros
TELP/HP/FAX/EMAIL : (0411) 4814931 / 552031, 0811442028, awnmandiri@gmail.com
USAHA PERIKANAN YANG DIKELOLA : Diversifikasi Olahan Ikan Turunan Surimi, Batari, Ikan Beku, Abon Ikan, Pemasaran dan Peningkatan Mutu Hasil Perikanan
KAPASITAS PRODUKSI : Produksi olahan hasil perikanan dengan 27 macam produk dengan produksi sekitar 500 kg
PRESTASI :

AWANINDO MANDIRI adalah P2MKP dengan bidang usaha Diversifikasi Olahan Ikan Turunan Surimi, Batari, Ikan Beku, Abon Ikan, Pemasaran dan Peningkatan Mutu Hasil Perikanan yang berlokasi Jl. Poros Makassar-Maros KM 23 Lingkungan Padang Alla Kel. Hasanuddin Kec. Mandai Kab. Maros yang dikelola oleh Bp. Andi Baso Mappaewa.

Latar belakang Bp. Andi Baso Mappaewa menekuni usaha di bidang Diversifikasi Olahan Ikan Turunan Surimi, Batari, Ikan Beku, Abon Ikan, Pemasaran dan Peningkatan Mutu Hasil Perikanan menjadikan tempat usahanya sebagai Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP) dikarenakan ingin berbagi ilmu pengetahuan dan teknologi dan pengalaman kepada masyarakat lain yang membutuhkan terutama di sekitar usahanya. Upaya peningkatan SDM sudah dimulai sebelum Awanindo Mandiri dikukuhkan sebagai P2MKP yaitu melakukan penyuluhan dan pembinaan kepada masyarakat sekitar tentang pengolahan hasil perikanan, pemasaran dan peningkatan mutu hasil perikanan. Selain hal tersebut Awanindo Mandiri juga mempunyai komitmen membantu program pemerintah dalam meningkatkan ekonomi masyarakat dan tercapainya harapan pemerintah dibidang perikanan, juga rasa tanggung jawab berbuat kepada masyarakat.

Adapun basis usaha utama dari Awanindo Mandiri adalah Diversifikasi Olahan Ikan Turunan Surimi, Batari, Ikan Beku, Abon Ikan, Pemasaran dan Peningkatan Mutu Hasil Perikanan dengan produksi sekitar 500 kg dengan ± 27 macam produk olahan hasil perikanan. Adapun tenaga kerja yang membantu usaha dari Awanindo sebanyak 15 orang dengan investasi awal sekitar 150.000.000 sekarang Awanindo berpendapatan sekitar 20.000.000 per bulan. Produk yang dihasilkan antara lain bakso ikan, ekado, lumpia, siomay, udang gulung, otak-otak bulat, otak-otak panjang, fish stik, tuna roll, kaki naga ikan, kaki naga udang, bakwan ikan, salmon roll, keong mas, fillet kakap merah, fillet kerapu, fillet frozen fish, tuna steak, tuna saku, tetelan tuna, udang kipas, bandeng presto, bandeng tanpa duri, cumi kupas, tongkol, laying dan produk hasil perikanan lainnya. Usaha yang dijalankan oleh Awanindo Mandiri muncul dari rasa keprihatinannya terhadap kegemaran putra-putri kita yang memiliki kebiasaan jajan di lingkungan sekolah maupun rumah tanpa memperhatikan tingkat kesehatan, mutu, hygienis. Awanindo Mandiri menawarkan produk perikanan olahan untuk menyediakan kebutuhan ikan yang murah, sehat, halal, bermutu dan hygienis.

Berdasarkan latar belakang dan potensi usaha yang ada di Awanindo Mandiri tersebut maka keberadaan P2MKP Awanindo Mandiri di Kab. Maros khususnya dan Prov. Sulawesi Selatan pada umumnya sangat diperlukan dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar khususnya. Awanindo Mandiri sangat berperan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan adanya penyediaan lapangan kerja bagi masyarakat sekitar, serta banyaknya permintaan untuk magang atau berlatih bahkan banyak dari masyarakat luar Kab. Maros. Oleh sebab itu, agar P2MKP Awanindo Mandiri lebih dapat berbagi pengetahuan kepada saudara-saudara yang lain, mengingat yang menginginkan pelatihan juga banyak yang berasal dari daerah lain dan jauh maka Awanindo Mandiri sedang berusaha menambah fasilitas penginapan, selain itu juga penambahan ruang kelas agar memuat banyak orang, laptop, LCD guna menunjang kegiatan pelatihan dan sarana pelatihan untuk itu mohon dukungan berbagai pihak.

Bp. Andi Baso Mappaewa selaku pengelola P2MKP Awanindo Mandiri mengucapkan terima kasih kepada Badan Pengembangan SDM Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan telah ditetapkannya Awanindo Mandiri sebagai Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP). P2MKP Awanindo Mandiri siap berbagi ilmu dengan masyarakat lain. Selain itu akan memperbanyak relasi dan kawan serta mitra baru dalam berusaha dengan Awanindo Mandiri dalam bidang pengolahan hasil perikanan.

Silahkan isi komentar anda di bawah ini :

komentar