BENING FOOD adalah P2MKP dengan bidang usaha Pengolahan Hasil Perikanan berdiri diatas lahan  seluas 3200 m2 yang berlokasi di Kp. Jati RT 03 RW 04 Desa Parung  Kec. Parung Kab. Bogor yang dikelola oleh Ibu Purnani

NAMA P2MKP : BENING DOOD
NAMA PENGELOLA : Purnani
ALAMAT : Jl. Kp. Jati Desa Parung Rt.03/Rw. 04 Kec. Parung
TELP/HP/FAX/EMAIL : 021-68350546, 08129429196, beningjati_anugrah@gmail.com
USAHA PERIKANAN YANG DIKELOLA : Pengolahan Hasil Perikanan
KAPASITAS PRODUKSI :
  1. Bakso Ikan sebesar 1.000.000 btr / bln
  2. Siomay sebesar 400 kg / bln
  3. Ekado sebesar 400 kg / bln
  4. Otak-otak Bulat sebesar 200 kg / bln
  5. Otak-otak Panjang sebesar 100 kg / bln
  6. Keong Mas sebesar 100 kg / bln
  7. Udang Gulung sebesar 100 kg / bln
  8. Lumpia sebesar 50 kg / bln
  9. Fish Fingger sebesar 100 kg / bln
  10. Kaki Naga Udang sebesar 100 kg / bln
PRESTASI : Juara Nasional UKM Pengolahan Ikan pada tahun 2009

Latar belakang Ibu Purnani yang merupakan lulusan Sekolah Tinggi Perikanan (STP) Jakarta menekuni usaha di bidang perikanan dan menjadikan tempat usahanya sebagai Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP) dikarenakan ingin berbagi ilmu pengetahuan dan teknologi dan pengalaman kepada masyarakat lain yang membutuhkan terutama di sekitar usahanya. Upaya peningkatan SDM sudah dimulai sebelum Bening Food dikukuhkan sbagai P2MKP yaitu melakukan penyuluhan kepada masyarakat sekitar tentang teknis bidang pengolahan hasil perikanan. Selain hal tersebut Bening Food juga mempunyai komitmen membantu program pemerintah dalam meningkatkan ekonomi masyarakat dan tercapainya harapan pemerintah dibidang perikanan, juga rasa tanggung jawab berbuat kepada masyarakat.

Bening Food mulai berdiri pada bulan Februari tahun 2007 dengan jumlah tenaga kerja awalnya  6 orang dengan jenis usaha yaitu pengolahan hasil perikanan. Tujuan berdirinya UMKM BENNING FOOD ini adalah menciptakan peluang usaha dan lapangan kerja di sektor perikanan terutama pengolahan ikan. Saat ini jumlah tenaga kerja mencapai 16 orang. Bening Food juga pernah mendapatkan predikat sebagai UKM terbaik nasional di bidang Pengolahan Hasil Perikanan.

Perjalanan Bening Food dari waktu ke waktu semakin meningkat, baik investasi, omzet maupun tenaga kerja yang terlibat. Sekalipun saat ini dari permintaan yang ada baru dapat kami penuhi sekitar 50% dari permintaan. Faktor pembatas dalam memenuhi permintaan pasar yaitu :Masih kekurangan modal untuk meningkatkan prooduksi. Rencana untuk pengembangan usaha lainnya adalah pengadaan alat sarana dan prasarana untuk pedagang retail (distributor) produk olahan ikan.

Berdasarkan potensi dan ketersedian sarana dan prasarana yang di milikinya maka keberadaan P2MKP Bening Food sangat diperBakso ikanlukan, Namun agar P2MKP Bening Food lebih dapat berbagi pengetahuan kepada saudara-saudara yang lain, mengingat yang menginginkan pelatihan juga banyak yang berasal dari daerah lain dan jauh maka P2MKP Bening Food sedang berusaha menambah fasilitas yang ada seperti penginapan serta pembinaan dari berbagai pihak yang terkait.  

Dengan telah ditetapkan Bening Food menjadi P2MKP, ibu purnani berharap tumbuhnya jaringan usaha baru yang tentunya akan memperkuat perkembangan usaha dan pelatihan dari P2MKP Bening Food yang pada akhirnya akan mensejahterakan masyarakat.

Silahkan isi komentar anda di bawah ini :

komentar