CITRA DUMBO adalah P2MKP yang bergerak di bidang usaha Pengolahan Hasil Perikanan khususnya pengolahan ikan lele asap dan olahan lanjutan lele asap yang berlokasi di Jl. Betet No. 3 Dusun Kebon Kopi Rt. 03/06 Desa Pengasinan Kec. Gunung Sindur Kab. Bogor Jawa Barat Kode Pos 16340 yang dikelola oleh Bp Sueb. Berikut profil lengkapnya :

NAMA P2MKP : CITRA DUMBO
NAMA PENGELOLA : Sueb dan Krismanto
ALAMAT : Jl. Betet No. 3 Dusun Kebon Kopi Rt. 03/06 Desa Pengasinan Kec. Gunung Sindur Kab. Bogor Jawa Barat Kode Pos 16340
TELP/HP/FAX/EMAIL : 021-7565223 dan 08568422910, 08567618123
USAHA PERIKANAN YANG DIKELOLA : Pengolahan Lele Asap dan Olahan Lanjutan Lele asap
KAPASITAS PRODUKSI :  –
PRESTASI :  –

Bagi penggemar ikan salai, tak perlu jauh-jauh ke Medan untuk mendapatkan pangan olahan berbahan baku ikan lele ini. Produk tersebut kini bisa ditemukan di Jakarta dengan sentranya Pasar Senen. Uniknya, ikan yang dibuat melalui proses pengasapan itu tidak didatangkan dari Sumatera Utara tetapi dari Bogor, Jawa Barat. Dan meski bukan diproduksi dari tempat asalnya, tapi soal rasa, lele asap made in Bogor ini tak kalah lezat dari produk serupa yang diproduksi di Medan. Adalah Sueb yang memproduksi lele asap di Kampung Kebon Kopi, Desa Pengasinan, Kecamatan Gunung Sindur, Bogor. Setengah promosi, Bp. Sueb menyebutkan bahwa lele asap buatannya memiliki rasa lebih gurih dibandingkan lele asap dari Medan karena menggunakan ikan hasil budidaya. Kalau lele asap yang di Medan menggunakan ikan sungai yang kandungan lemaknya sedikit sehingga rasanya kurang gurih dan daging lebih keras. Pada awalnya Bp. Sueb bergerak di bidang usaha budidaya ikan lele, namun pada suatu waktu terjadi banjir besar yang mengakibatkan lahan budidaya ikan lelenya hancur oleh banjir tersebut.

Setelah kejadian tersebut, bp. Sueb beralih ke pengolahan ikan lele asap, meski pada awalnya dianggap remeh dan dicibir banyak orang, namun bp. Sueb terus melakukan usaha pengolahan ikan lele asap. Hingga sampai sekarang Citra Dumbo merupakan satu-satunya pengolahan ikan lele asap yang masih eksis bahkan tren permintaan produk ini dari waktu ke waktu terus meningkat tapi produksinya baru bisa mencapai 500 kg per hari, hal ini dikarenakan meski unggul dalam rasa, lele asap buatan Sueb selama ini hanya berkutat di tiga pasar yaitu Jakarta, Tangerang dan Bogor. Menurut bp. Sueb produksi bisa lebih meningkat asalkan tersedianya pasar untuk menampung ikan lele asapnya tersebut.

Berdasarkan latar belakang Citra Dumbo menekuni usaha pengolahan ikan lele asap menjadikan tempat usahanya sebagai Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP) dikarenakan ingin berbagi ilmu pengetahuan dan teknologi dan pengalaman kepada masyarakat lain yang membutuhkan terutama di sekitar usahanya yang di awal usahanya justru banyka yang menganggap remeh usahanya, namun sekarang banyak dari masyarakat sekitar yang berlajar dan meniru usaha dari Citra Dumbu, bahkan upaya peningkatan SDM masyarakat sudah dimulai sebelum Citra Dumbo dikukuhkan sebagai P2MKP yaitu melakukan penyuluhan dan pembinaan kepada masyarakat sekitar tentang teknis pengolahan, diversifikasi produk olahan ikan lele asap. Selain hal tersebut Citra Dumbo juga mempunyai komitmen membantu program pemerintah dalam meningkatkan ekonomi masyarakat dan tercapainya harapan pemerintah dibidang olahan perikanan, juga rasa tanggung jawab berbuat kepada masyarakat.

Kesuksesan Citra Dumbo dalam melakukan usaha pengolahan ikan lele asap membuat tempat usaha Citra Dumbo banyak kedatangan tamu yang sekedar ingin mengetahui cara pembuatan ikan lele asap sampai ada yang magang dari para mahasiswa dan masyarakat luar. Namun agar P2MKP Citra Dumbo lebih dapat berbagi pengetahuan kepada saudara-saudara yang lain, mengingat yang menginginkan pelatihan juga banyak yang berasal dari daerah lain dan jauh maka Citra Dumbo sedang berusaha menambah fasilitas penginapan dan sarana pelatihan untuk itu mohon dukungan berbagai pihak.

Besar harapan Bpk. Sueb bahwa usahanya ini akan terus berlanjut dan produksinya semakin meningkat dan bp. Sueb berkeyakinan apabila dalam berusaha kita mau berbagi kepada yang lain Insya Allah rejeki dan kemudahan akan di limpahkan pada kita, dan dengan bekerjasama maka kita akan lebih kuat dan maju serta produk olahan ikan lele asap akan terdiversifikasi menjadi produk olahan ikan lain sehingga masyarakat menjadi banyak pilihan dalam menikmati olahan ikan lele asap.

Silahkan isi komentar anda di bawah ini :

komentar