NAMA P2MKP : DARMAMINA (MAMI)
NAMA PENGELOLA : H. Darmanto

Sri Sunarti Konsepsi, A.Md

ALAMAT : Ngumbul RT 04 RW 01 Desa Jeblok Kec. Karanganom Kab. Klaten
TELP/HP/FAX/EMAIL : (0272) 552967 / 081329002484 / ana_11_02@yahoo.com
USAHA PERIKANAN YANG DIKELOLA : Budidaya dan Pengolahan Ikan Nila
KAPASITAS PRODUKSI : Produksi 50 Kg dengan 2 jenis olahan ikan
PRESTASI :

DHARMA MINA (MaMi) adalah Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan & Perikanan (P2MKP) dengan bidang usaha perikanan terpadu yang berlokasi di Desa Jeblog, Kecamatan Karanganom, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah, yang dikelola oleh Hj. Sri Sunarti Konsepsi, Amd. Keb /H Darmanto.

Latar belakang Hj. Sri Sunarti Konsepsi, Amd. Keb / H Darmanto. menekuni usaha di bidang perikanan dan menjadikan tempat usahanya sebagai Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP) dikarenakan ingin berbagi ilmu pengetahuan dan teknologi dan pengalaman kepada masyarakat lain yang membutuhkan terutama di sekitar usahanya. Upaya peningkatan Sumber Daya Manusia masyrakat sudah dimulai sebelum MaMi dikukuhkan sebagai P2MKP yaitu melakukan penyuluhan kepada petani sekitar, meliputi:

  1. Pengolahan hasil Perikanan (Pengolahan utama Abon Nila)
  2. Teknik budidaya ikan Nila
  3. Pemasaran dengan OVOP
  4. Termasuk mencari upaya penyediaan modal dengan pihak Perbangkan dan Pinjaman lunak dari PT Jamsostek
  5. Mengadakan pelatihan bekerjasama dengan pihak Pemda setempat dan Balai Pelatihan .

Selain hal tersebut MaMi juga mempunyai komitmen membantu program pemerintah dalam meningkatkan ekonomi masyarakat dan tercapainya harapan pemerintah dibidang perikanan, juga rasa tanggung jawab berbuat kepada masyarakat. Hal ini dapat dibuktikan sekarang dengan berkurangnya angka pengangguran di desa Nila dimana MaMi berada, dan dapat menumbuhkan usaha kecil dan menengah serta memperluas lapangan kerja.

Adapun basis usaha MaMi yang utama ;

  1. MaMi berada di daerah Mina Politan didesa Nila sentral produksi Ikan Nila di Kabupaten Klaten.
  2. Pembudidaya Ikan Nila tersentral di 6 Desa 3 Kecamatan dengan kapasitas Produksi lebih dari 600 ton setahun.
  3. Peningkatan pendapatan keuntungan pembudidaya dengan efisiensi biaya produksi dibuat Pakan ikan, dimana pembuatan pellet masih dalam proses permulaan dengan mesin kecil kapasitas baru 3 kwt/hari .
  4. Dibidang pengolahan sudah berjalan beberapa industri rumah tangga dan beberapa kelompok pengolahan dengan berbagai jenis olahan beserta dengan luasnya pemasaran dibeberapa kota disekitar Klaten antara lain ; Solo, Yogyakarta ,Semarang dan beberapa kota di Jawa barat.

Kawasan MaMi merupakan sentra Ikan Nila daerah Mina Politan dengan produksi ikan nila yang cukup besar di Kabupaten Klaten yang dikenal dengan Desa Nila dengan luas kolam budidaya lebih dari 50 Ha jumlah kolam 260 unit, jumlah pembudidaya lebih 200 KK dan jumlah kelompok tani 12 kelompok dengan dukungan 3 BBI (Balai Benih Ikan ) usaha lain selain budidaya adalah pengolahan hasil Perikanan yang sama berkembangnya. Selain potensi tersebut Desa Jeblog masih memiliki potensi Sumber mata air jernih yang tidak pernah kering sepanjang masa.

Berdasarkan potensi tersebut maka keberadaan P2MKP MaMi di desa Jeblog sangat diperlukan, hampir semua sarana dan prasarana pelatihan telah MaMi miliki. Namun agar P2MKP MaMi lebih dapat berbagi pengetahuan kepada saudara-saudara yang lain, mengingat yang menginginkan pelatihan juga banyak yang berasal dari daerah lain dan jauh namun MaMi sudah tersedia fasilitas penginapan dan sarana pelatihan sehingga menambah kenyamanan bagi peserta pelatihan .

Hj. Sri Sunarti Konsepsi, Amd. Keb., “Yakin apabila dalam berusaha kita mau berbagi kepada yang lain Insya Allah rejeki dan kemudahan akan di limpahkan pada kita, dan dengan bekerjasama maka kita akan lebih kuat dan maju.”

Silahkan isi komentar anda di bawah ini :

komentar