HASANUDIN BAHARI adalah P2MKP dengan bidang usaha Pengolahan Hasil Perikanan yang berlokasi Jl. KUD Mina Bahari No. 01 Ds. Eretan Kulon Kec. Kandang Haur Kab. Indramayu Jawa Barat 45254 yang dikelola oleh Bpk. Royani Madrawi.

——————————————————————————————————————————————————

NAMA   P2MKP : HASANUDIN MINA BAHARI
NAMA   PENGELOLA : Royani   Madrawi
ALAMAT : Jl.   KUD Mina Bahari No. 01 Ds. Eretan Kulon Kec. Kandang Haur Kab. Indramayu Jawa   Barat 45254
TELP/HP/FAX/EMAIL : 0234-506035,   08132060752 dan royindramayu@gmail.com
USAHA   PERIKANAN YANG DIKELOLA : Pengolahan   Hasil Perikanan
KAPASITAS   PRODUKSI :  
PRESTASI :  

——————————————————————————————————————————————————

Latar belakang Bpk. Royani Madrawi menekuni usaha di bidang Pengolahan Hasil Perikanan menjadikan tempat usahanya sebagai Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP) dikarenakan ingin berbagi ilmu pengetahuan dan teknologi dan pengalaman kepada masyarakat lain yang membutuhkan terutama di sekitar usahanya. Upaya peningkatan SDM sudah dimulai sebelum Hasanudin Bahari dikukuhkan sebagai P2MKP yaitu melakukan penyuluhan dan pembinaan kepada masyarakat sekitar tentang teknis Pengolahan Hasil Perikanan. Selain hal tersebut Hasanudin Bahari juga mempunyai komitmen membantu program pemerintah dalam meningkatkan ekonomi masyarakat dan tercapainya harapan pemerintah dibidang perikanan, juga rasa tanggung jawab berbuat kepada masyarakat.

Adapun basis usaha utama dari Hasanudin Bahari adalah pengolahan hasil perikanan. Lokasi Hasanudin Bahari berada dekat dengan pelabuhan perikanan Kab. Indramayu, jadi bahan baku produksinya langsung dari nelayan. Masyarakat di sekitar lokasi P2MKP Hasanudin Bahari rata-rata bermata pencaharian sebagai nelayan, jadi ikan yang didapat langsung dijual dan namun masyarakat selama ini hanya mengetahui ikan diolah menjadi ikan asin. Dengan adanya usaha pengolahan hasil perikanan Hasanudin Bahari banyak diversifikasi produk yang dihasilkan seperti nugget ikan, bakso ika dan sebagainya. Hasanudin Bahari juga memiliki lembaga pendidikan seperti MTS, ALIYAH, IBDITAIYAH sehingga selain menjadi tempat usaha, Hasanudin Bahari sering dijadikan tempat praktek bagi siswa tidak hanya dari dari Hasanudin Bahari banyak juga dari sekolah lain yang praktek pengolahan hasil perikanan di P2MKP Hasanudin Bahari bahkan ada kerjasama dengan STP Jakarta.

Berdasarkan latar belakang dan potensi usaha yang ada di Hasanudin Bahari tersebut maka keberadaan P2MKP Hasanudin Bahari di Kab. Indramayu sangat diperlukan dan sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar khususnya. Hasanudin Bahari sangat berperan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan adanya penyediaan lapangan kerja bagi masyarakat sekitar, serta banyaknya permintaan untuk magang atau berlatih bahkan banyak dari masyarakat luar Kab. Indramayu.

Oleh sebab itu, agar P2MKP Hasanudin Bahari lebih dapat berbagi pengetahuan kepada saudara-saudara yang lain, mengingat yang menginginkan pelatihan juga banyak yang berasal dari daerah lain dan jauh maka Hasanudin Bahari sedang berusaha menambah fasilitas penginapan, selain itu juga penambahan ruang kelas agar memuat banyak orang, dan sarana pelatihan lainnya untuk itu mohon dukungan berbagai pihak. Dengan telah ditetapkan Hasanudin Bahari menjadi P2MKP, besar harapan akan tumbuhnya jaringan usaha baru yang tentunya akan memperkuat perkembangan usaha dan pelatihan dari P2MKP Hasanudin Bahari yang pada akhirnya akan mensejahterakan masyarakat.

Silahkan isi komentar anda di bawah ini :

komentar