Himpunan Pembudidaya Ikan dan Udang (HPIU) adalah P2MKP dengan bidang usaha Budidaya Udang dan Ikan Bandeng yang berlokasi Jl. R. Moch. Said No. 25 Desa Pengulu RT 02 RW 02 Kec. Sidayu Kab. Gresik yang dikelola oleh Bpk. Abdul Hakam,S.Pi.


NAMA P2MKP : HIMPUNAN PEMBUDIDAYA IKAN DAN UDANG (HPIU)
NAMA PENGELOLA : Abdul Hakam,S.Pi
ALAMAT : Jl. R. Moch. Said No. 25 Desa Pengulu RT 02 RW 02 Kec. Sidayu Kab. Gresik
TELP/HP/FAX/EMAIL : 081330000209
USAHA PERIKANAN YANG DIKELOLA : Budidaya Udang dan Ikan Bandeng
KAPASITAS PRODUKSI :  –
PRESTASI :  –


Latar belakang Bpk. Abdul Hakam,S.Pi menekuni usaha di bidang Budidaya Udang dan Ikan Bandeng menjadikan tempat usahanya sebagai Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP) dikarenakan ingin berbagi ilmu pengetahuan dan teknologi dan pengalaman kepada masyarakat lain yang membutuhkan terutama di sekitar usahanya. Upaya peningkatan SDM sudah dimulai sebelum HPIU dikukuhkan sebagai P2MKP yaitu melakukan penyuluhan dan pembinaan kepada masyarakat sekitar tentang Budidaya Udang dan Ikan Bandeng. HPIU juga melayani konsultasi bagi kelompok atau masyarakat yang sudah mengikuti pelatihan di HPIU. Selain hal tersebut HPIU juga mempunyai komitmen membantu program pemerintah dalam meningkatkan ekonomi masyarakat dan tercapainya harapan pemerintah dibidang perikanan, juga rasa tanggung jawab berbuat kepada masyarakat.

Adapun basis usaha utama dari HPIU adalah Budidaya Udang dan Ikan Bandeng. Berdasarkan latar belakang dan potensi usaha yang ada di HPIU tersebut maka keberadaan P2MKP HPIU di Kab. Serang sangat diperlukan dan sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar khususnya. HPIU sangat berperan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan adanya penyediaan lapangan kerja bagi masyarakat sekitar, serta banyaknya permintaan untuk magang atau berlatih bahkan banyak dari masyarakat luar Kab. Gresik. Oleh sebab itu, agar P2MKP HPIU lebih dapat berbagi pengetahuan kepada saudara-saudara yang lain, mengingat yang menginginkan pelatihan juga banyak yang berasal dari daerah lain dan jauh maka HPIU sedang berusaha menambah fasilitas penginapan, selain itu juga penambahan ruang kelas agar memuat banyak orang, laptop, LCD dan sarana pelatihan lainnya untuk itu mohon dukungan berbagai pihak. Bpk. Abdul Hakam,S.Pi bersedia berbagi ilmu dengan masyarakat lain. Selain itu akan memperbanyak relasi dan kawan dalam berusaha serta yakin apabila dalam berusaha kita mau berbagi kepada yang lain rejeki dan kemudahan akan di limpahkan pada kita, dan dengan bekerjasama maka kita akan lebih kuat dan maju.

Bp Abdul Hakam, S.Pi secara khusus mengucapkan terima kasih kepada Badan Pengembangan SDM Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan telah ditetapkannya HPIU sebagai Pusat Pelatihan Kelautan dan Perikanan (P2MKP), dengan demikian Abdul Hakam,S.Pi dapat berbagi ilmu dan pengetahuan dengan masyarakat yang akan mengikuti kesuksesan HPIU dalam menjalankan usaha budidaya ikan.

Harapan HPIU setelah ditetapkan menjadi Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan P2MKP) semoga bisa mengamalkan ilmu dan membagikan ilmu serta up date teknologi perikanan khususnya perikanan budidaya air tawar dan olahan mina sehingga masyarakat bisa berkembang yang berawal dari kemauan masyarakat berdasar kebutuhan masyarakat yaitu pedikan, pokdakan maupun gapokdakan, yang berkeinginan maju dan sejahtra dari sektor budidaya air tawar. Semoga bisa menjadi inspirasi dan bisa menjalin kerjasama yang lebih berguna bagi peningkatan kesejahteraan pembudidaya ikan.

Silahkan isi komentar anda di bawah ini :

komentar