Jaringan Sosial Swadiri Bali (JSSB) adalah P2MKP dengan bidang usaha Perikanan terpadu yang berlokasi di Lingkungan Silayukti Kelurahan Kerobokan Kecamatan Kuta Utara Kabupaten Badung Provinsi Bali yang dikelola oleh Bp A.A.Bagus Adhi Mahendra Putra, S.H.,M.H. Berikut profil lengkapnya :

NAMA P2MKP : JARINGAN SOSIAL SWADIRI BALI
NAMA PENGELOLA : A.A Bgs Adhi Mahendra Putra, SH, MH
ALAMAT : Jl. Raya Canggu No. 88 Lingk. Silayukti Kerobokan Kec. Kuta Utara Kab. Badung
TELP/HP/FAX/EMAIL : (0361) 854 4488, Fax. (0361) 8445808 Email : gusadhi88@gmail.com
USAHA PERIKANAN YANG DIKELOLA : Pembenihan dan Pembesaran Ikan Air Tawar khususnya Lele,  Pengolahan Hasil Perikanan
KAPASITAS PRODUKSI :  –
PRESTASI :  –

Latar belakang Bp A.A.Bagus Adhi Mahendra Putra, S.H.,M.H. menekuni usaha di bidang perikanan dan menjadikan tempat usahanya sebagai Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP) dikarenakan ingin berbagi ilmu pengetahuan dan teknologi dan pengalaman kepada masyarakat lain yang membutuhkan terutama di sekitar usahanya dan bagi anggota Jaringan Sosial Swadiri Bali (JSSB) yang tersebar diseluruh kabupaten / kota yang ada di Provinsi Bali.

Hal ini dilakukan dalam upaya peningkatan SDM pembudidaya Lele, hal ini sudah dimulai sebelum JSSB dikukuhkan sebagai P2MKP yaitu melakukan penyuluhan kepada anggota JSSB sekitar tentang teknis budidaya dan pengolahan hasil Budidaya, sampai dalam upaya mencari pengadaan modal dengan pihak CSR baik dikalangan PT. Adhi Maju Perkasa (AMP) maupun dari Bank Mandiri dan BPD Bali dengan pinjaman lunak, mengadakan pelatihan secara mandiri maupun bekerjasama dengan pihak sponsor dan dengan Pemberdayaan Mahasiswa Universitas di Bali yang ingin melakukan study lapangan.

Selain hal tersebut JSSB dengan konsep Karya Kekaryaan melakukan karya nyata dengan membentuk kelompok swadaya masyarakat dalam bidang perikanan, kelautan, peternakan, pertanian, perkebunan serta hutan bibit rakyat. Hal ini sebagai langkah nyata membantu program pemerintah dalam upaya peningkatan Ekonomi Kerakyatan serta pengentasan kemiskinan. Hal ini juga dalam mewujudkan harapan pemerintah dibidang perikanan serta tanggung jawab berbuat kepada masyarakat juga dalam upaya mewujudkan Bali yang Mandiri dalam pemenuhan kebutuhan akan sandang dan pangan. Adapun basis usaha JSSB adalah berada di jalan Raya Canggu No 88 Lingkungan Silayukti Kelurahan Kerobokan Kecamatan Kuta Kabupaten Badung dengan basis utamanya :

  1. Pembenihan ikan Lele yang telah bersertifikat CPIB, jumlah pembenihan 20 unit kolam dengan kapasitas produksi 1.200.000 ekor / bulan.
  2. Pembesaran juga telah mendapatkan sertifikat CBIB, jumlah kolam pembesaran sebanyak 20 unit kolam dan kapasitas produksi 12 ton/ bulan.
  3. Di bidang pengolahan antara lain ; kerupuk, abon dan asapan lele.

Kawasan JSSB merupakan sentral Pariwisata dan pertanian yang cukup besar di Provinsi Bali yang dikenal dengan Pulau Dewata. Perjuangan JSSB dalam mencapai tujuannya menuju Bali yang Mandiri didukung oleh 72 POKDAKAN dengan jumlah kolam 5760 unit, jumlah pembudidaya 1440 KK, dibidang Kelautan didukung oleh 52 Kelompok Nelayan, Pertanian didukung oleh 17 GAPOKTAN, Peternakan didukung oleh 22 Kelompok, Kehutanan didukung 62 Kelompok pembibitan hutan rakyat dan ditunjang oleh rumah kemasan yang fungsinya melakukan pengkemasan hasil produksi olahan budidaya dari anggota JSSB.

Berdasarkan potensi tersebut maka keberadaan P2MKP JSSB di Kabupaten Badung sangat diperlukan, hampir semua sarana dan prasarana pelatihan telah JSSB miliki. Namun agar P2MKP JSSB lebih dapat berbagi pengetahuan kepada saudara-saudara yang lain, mengingat yang menginginkan pelatihan juga banyak yang berasal dari kabupaten lain bahkan terkadang dari Provinsi lain, maka JSSB sedang berusaha melengkapi fasilitas penginapan dan sarana pelatihan, menunjuk hal tersebut diatas maka JSSB masih diperlukannya penyempurnaan, untuk itu mohon dukungan berbagai pihak.

Dengan motto : Maju bersama, Gali Potensi Lokal Kita Wujudkan Bali Yang Mandiri, Bp A.A. Bagus Adhi Mahendra Putra, SH.,MH., yakin apabila dalam berusaha dan masuk secara utuh untuk bersama – sama membangun jaringan serta mau berbagi kepada yang lain niscaya dilimpahkan kemudahan pada kita, dan dengan bekerjasama maka kita akan lebih kuat dan maju.

Astungkara…..

 

 

Silahkan isi komentar anda di bawah ini :

komentar