NAMA P2MKP : JUMBO  LESTARI
NAMA PENGELOLA : Mad Iwan
ALAMAT : Ds. Babakan Kp. Babakan RT. 01/01 Ds. Babakan Kec. Ciseeng Kab. Bogor
TELP/HP/FAX/EMAIL : 085216340109 / 087870873779, jumbolestari@yahoo.com
USAHA PERIKANAN YANG DIKELOLA : Pendederan dan Pembesaran Ikan Lele
KAPASITAS PRODUKSI : Produksi benih ikan lele sekitar 1 juta ekor / bulan.
PRESTASI :

Jumbo Lestari adalah P2MKP dengan bidang usaha Perikanan budidaya ikan lele khususnya untuk pendederan dan pembesaran ikan lele yang berlokasi di Ds. Babakan Kp. Babakan RT. 01/01 Ds. Babakan Kec. Ciseeng Kab. Bogor yang dikelola oleh Bp Mad Iwan.

Kawasan Desa Ciseeng merupakan termasuk daerah minapolitan perikanan budidaya, hal tergambarkan dari kenyataan yang ada sepanjang jalan desa ciseeng terutama desa babakan sebagaian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai pembudidaya ikan terutama lele, sehingga desa babakan juga dikenal juga dengan desa lele. Salah satu diantara penduduk desa babakan kec. Ciseeng tersebut adalah Bpk. Mad Iwan yang melakoni usaha budidaya ikan lele telah lama. Latar belakang bp Mad Iwan menekuni usaha di bidang perikanan dan menjadikan tempat usahanya sebagai Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP) dikarenakan ingin berbagi ilmu pengetahuan dan teknologi dan pengalaman kepada masyarakat lain yang membutuhkan terutama di sekitar usahanya. Upaya peningkatan SDM sudah dimulai sebelum Jumbo Lestari dikukuhkan sbagai P2MKP yaitu melakukan penyuluhan kepada masyarakat sekitar tentang teknis budidaya, pembuatan pakan dan hama dan penyakit ikan. Selain hal tersebut Jumbo Lestari juga mempunyai komitmen membantu program pemerintah dalam meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar dan tercapainya harapan pemerintah dibidang budidaya perikanan, juga rasa tanggung jawab berbuat kepada masyarakat.

Bpk. Mad Iwan sebagai pengelola P2MKP Jumbo Lestari telah lama terjun dalam budidaya ikan lele sehingga beliau banyak diundang sebagai narasumber dalam berbagai kesempatan pelatihan khususnya di pelatihan budidaya ikan lele. Berdasarkan potensi tersebut maka keberadaan P2MKP Jumbo Lestari sangat diperlukan, hampir semua sarana dan prasarana pelatihan telah miliki. Namun agar P2MKP Jumbo Lestari lebih dapat berbagi pengetahuan kepada saudara-saudara yang lain, mengingat yang menginginkan pelatihan juga banyak yang berasal dari daerah lain dan jauh maka Jumbo Lestari sedang berusaha menambah fasilitas penginapan dan sarana pelatihan untuk itu mohon dukungan berbagai pihak. P2MKP Jumbo Lestari berharap melalui P2MKP ini dapat lebih berkerja sama dengan lembaga lain dan terutama dapat menularkan ilmu Pendederan dan Pembesaran Ikan Lele kepada masyarakat lain sehingga tujuan dari P2MKP Jumbo Lestari ini berdiri yaitu Mensejahterakan Masyarakat sekitar melalui budidaya ikan dapat tercapai.

Silahkan isi komentar anda di bawah ini :

komentar