NAMA P2MKP

: KABITA
NAMA PENGELOLA : Sumantri
ALAMAT : Perum Arta Bina Ciherang Blok B No.1 Dramaga Kab. Bogor
TELP/HP/FAX/EMAIL : 085717134877, 085691192001, kabitabogor@yahoo.com

fb: kabitabogor@yahoo.com

USAHA PERIKANAN YANG DIKELOLA : Budidaya Ikan Lele Terpadu
KAPASITAS PRODUKSI :
  1. Ikan lele ukuran 3-4 sebesar 25.000 ekor
  2. Ikan lele ukuran 5-6 sebesar 170.000 ekor
  3. Ikan lele ukuran 7-8 sebesar 300.000 ekor
  4. Ikan lele konsumsi sebesar 2,3 ton
PRESTASI :


Koperasi merupakan salah satu soko guru perekonomian bangsa, sehingga kami sadar bahwa dengan berkoperasi kami dapat sejahtera dan dapat membentuk suatu ekonomi kerakyatan dalam sekup kecil maupun besar di kemudian hari. Koperasi KABITA bertujuan memajukan kesejahteraan anggota pembudidaya ikan air tawar khususnya dan masyarakat pada umumnya serta ikut membangun tatanan perekenomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Mayoritas anggota KABITA berprofesi sebagai pembudidaya ikan air tawar khususnya lele. Dan sebagian kecil yang lain bukan pembudidaya, tetapi bidang kerjanya masih berhubungan dengan budidaya ikan, seperti pembuat pakan lele, pembuat makanan olahan, dan lain-lain.

Saat ini KABITA memiliki 69 orang anggota, dengan total keseluruhan kolam budidaya sebanyak 2000 kolam. Total kapasitas produksi benih lele anggota KABITA yaitu mencapai 300.000 – 400.000 ekor benih per bulan. Untuk produksi lele konsumsi sebanyak 4000 kg/ 4 ton lele konsumsi per bulan. Jumlah tersebut masih belum bisa memenuhi permintaan pasar yang ada. Kebutuhan benih Maka kedepannya KABITA akan terus merekrut anggota baru untuk memenuhi kuota permintaan yang begitu besar sekaligus sebagai sarana pemasaran yang baik.

Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menggalakkan konsumsi makan ikan, KABITA melaksanakan pelatihan bagi masyarakat sekitar maupun masyarakat luas. KABITA membuka pelatihan setiap 2 minggu sekali pada hari Sabtu dan Minggu. Adapun materi pelatihannya terdiri dari Membuat Probiotik penumbuh plankton & penetral PH air, Membuat Komposer utk mempercepat plapukan kompos di media kolam, Membuat Probiotik pelarut pakan, Budidaya Cacing Sutera/Keong Mas, Membuat Pakan Organik/Pakan Alternatif,Tehnik Budidaya Pembenihan & Pembesaran,Tehnik Pembuatan Indukan. Dengan berlatar belakang KABITA menekuni usaha di bidang budidaya Ikan Lele menjadikan tempat usahanya sebagai Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP) dikarenakan ingin berbagi ilmu pengetahuan dan teknologi dan pengalaman kepada masyarakat lain yang membutuhkan terutama di sekitar usahanya. Upaya peningkatan SDM di bidang budidaya perikanan sudah dimulai sebelum KABITA dikukuhkan sebagai P2MKP yaitu dengan banyak orang baik itu warga sekitar maupun mahasiswa untuk magang budidaya ikan lele, pakan, mengolah lahan budidaya, hama dan penyakit ikan lele. Selain hal tersebut KABITA juga mempunyai komitmen membantu program pemerintah dalam meningkatkan ekonomi kerakyatan dengan berusaha bekerja pada sektor perikanan, juga rasa tanggung jawab kepada masyarakat di sekitar untuk bias berkarya dan mendapat tambahan penghasilan dengan berusaha pada bidang budidaya ikan khususnya ikan lele.

Dalam rencana kedepan KABITA yang berlokasi di Perum Arta Bina Ciherang Blok B No.1 Dramaga Kab. Bogor, dengan Bpk. Sumantri sebagai ketua pengelola akan menambah fasilitas yang ada seperti mesin pembuatan pakan pellet guna meningkatkan produksi pellet, pembangunan gedung secretariat, pembukaan lapak di lokasi pasar strategis di Kab. Bogor. Hal tersebut dilakukan guna meningkatkan produksi perikanan dari KABITA sehingga akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dengan telah ditetapkan KABITA sebagai Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP) pada tahun 2012, Bpk. Sumantri sebagai ketua pengelola berharap dapat menularkan ilmunya tentang budidaya ikan lele kepada orang lain sehingga akan terwujudnya masyarakat lebih sejahtera dan konsumsi masyarakat terhadap ikan khususnya ikan lele akan meningkat juga.

Silahkan isi komentar anda di bawah ini :

komentar