NAMA P2MKP : LUWURINDO
NAMA PENGELOLA : Syahruddin Muharram
ALAMAT : Jl. Pangka No. 72 Banawa RT 01 RW 01 Desa Suli Kec. Suli Kab. Luwu
TELP/HP/FAX/EMAIL : 081242801830, 081355856587, koperasiluwurindo@gmail.com
USAHA PERIKANAN YANG DIKELOLA : Budidaya dan Pemasaran Rumput Laut
KAPASITAS PRODUKSI : Budidaya Rumput Laut dengan luas lahan sekitar 7,5 Ha
PRESTASI :

LUWURINDO adalah P2MKP dengan bidang usaha Budidaya dan Pemasaran Rumput Laut yang berlokasi Jl. Pangka No. 72 Banawa RT 01 RW 01 Desa Suli Kec. Suli Kab. Luwu yang dikelola oleh Syahruddin Muharram.

Luwurindo merupakan kelompok budidaya rumput yang telah berbadan hukum dalam bentuk koperasi sehingga namanya Koperasi Tani Nelayan Luwu Raya Indonesia (LUWURINDO). Latar belakang Syahruddin Muharram menekuni usaha di bidang Budidaya dan Pemasaran Rumput Laut menjadikan tempat usahanya sebagai Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP) dikarenakan ingin berbagi ilmu pengetahuan dan teknologi dan pengalaman kepada masyarakat lain yang membutuhkan terutama di sekitar usahanya. Upaya peningkatan SDM sudah dimulai sebelum Luwurindo dikukuhkan sebagai P2MKP yaitu melakukan pelatihan, penyuluhan dan pembinaan kepada masyarakat sekitar khususnya pembudidaya rumput laut yang menjadi anggota kelompok dari Luwurindo selain dari kerjasama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan dan Badan pemerhati rumput laut tentang teknis budidaya dan pemasaran rumput laut. Untuk pelatihan budidaya rumput laut yang diselenggarakan Luwurindo terhadap kelompok binaanya bersifat non formal dan biasanya disesuaikan dengan problem yang terjadi di lapangan. Selain hal tersebut Luwurindo juga mempunyai komitmen membantu program pemerintah dalam meningkatkan ekonomi masyarakat dan tercapainya harapan pemerintah dibidang perikanan, juga rasa tanggung jawab berbuat kepada masyarakat.

Adapun basis usaha utama dari Luwurindo adalah Budidaya dan Pemasaran Rumput Laut dengan luas lahan sekitar 7,5 Ha dibantu dengan 13 orang tenaga kerja yang terdiri dari 7 orang tenaga kerja tetap sedangkan 6 orang tenaga kerja tidak tetap. Selain sebagai pembudidaya rumput laut, Luwurindo juga melakukan pemasaran rumput laut yang sampai dengan saat ini telah memiliki ikatan kerjasama dengan eksporti dari China, mitra dengan koperasi Kospermindo untuk tujuan PT. Agarindo Bogatama Tanggerang, mitra dengan jaringan satelit (Swallow Agar), mitra dengan Indo Algas (Pabrik agar-agar) Surabaya, Sidoarjo, mitra dengan Koperasi Tunas Muda Makassar. Jadi Luwurindo selain memasarkan rumput laut di dalam negeri, juga ekspor ke luar negeri terutama Cina. Anggota kelompok dari Luwurindo sekarang telah berjumlah 24 kelompok tani setara dengan ± 348 orang, jadi sistem produksi dari petani dipasarkan oleh Luwurindo. Kesuksesan Luwurindo dalam budidaya rumput laut ditunjang oleh Lahan budidaya di Luwurindo sangat bagus dan sangat memadai karena ditunjang oleh adanya Teluk Bone yang sangat cocok untuk budidaya rumput laut.

Kendala yang ada untuk saat ini adalah dalam hal permodalan dan penjemuran rumput laut saat musim hujan. Kisah sukses Luwurindo menjadi buah bibir di kalangan masyarakat Kab. Luwu khususnya dan Prov. Sulawesi Selatan pada umumnya, sehingga banyak dari masyarakat melakukan magang, berlatih untuk meniru dan mencontoh usaha budidaya rumput laut di Luwurindo. Dalam penyelenggaran pelatihan di Luwurindo telah berkerjasama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Kab. Luwu sebagai narasumber, sedangkan untuk pelatihnya sendiri dari Luwurindo sendiri serta LSM.

Dengan latar belakang dan potensi usaha yang ada di Luwurindo tersebut maka keberadaan P2MKP Luwurindo di Kab. Luwu sangat diperlukan dan sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar khususnya. Luwurindo sangat berperan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan adanya penyediaan lapangan kerja bagi masyarakat sekitar, serta banyaknya permintaan untuk magang atau berlatih bahkan banyak dari masyarakat luar Kab. Luwu.

Oleh sebab itu, agar P2MKP Luwurindo lebih dapat berbagi pengetahuan kepada saudara-saudara yang lain, mengingat yang menginginkan pelatihan juga banyak yang berasal dari daerah lain dan jauh maka Luwurindo sedang berusaha menambah fasilitas penginapan, selain itu juga penambahan ruang kelas agar memuat banyak orang, laptop, LCD dan sarana pelatihan untuk itu mohon dukungan berbagai pihak. Untuk saat ini untuk tempat belajar di saung-saung milik kelompok. Sedangkan dalam aspek pemasaran Luwurindo memiliki peralatan yang lengkap dan memadai, namun yang dibutuhkan sekarang adalah pendeteksi kadar garam, tanah dan alat deteksi kekeringan rumput laut yang akan di press.

Bp. Syahruddin Muharram bersedia berbagi ilmu dengan masyarakat lain. Selain itu akan memperbanyak relasi dan kawan dalam berusaha serta yakin apabila dalam berusaha kita mau berbagi kepada yang lain rejeki dan kemudahan akan di limpahkan pada kita, dan dengan bekerjasama maka kita akan lebih kuat dan maju.

Silahkan isi komentar anda di bawah ini :

komentar