NAMA P2MKP : MEKAR  MANDIRI
NAMA PENGELOLA : Enjang Saefulloh
ALAMAT : Kp. Ciaro RT 01 RW 05 Desa Ciaro Kec. Nagreg Kab. Bandung
TELP/HP/FAX/EMAIL : 085223553908
USAHA PERIKANAN YANG DIKELOLA : Pembenihan, Pendederan dan Pembesaran Ikan Lele Sangkuriang
KAPASITAS PRODUKSI :
  1. Pembenihan Lele Dumbo yang telah bersetandar CPIB, jumlah pembenihan 2 unit dengan kapasitas produksi 400.000 ekor/ bulan.
  2. Pembesaran  juga telah mendapatkan sertifikat CBIB,  jumlah kolam 173 unit dengan luas kolam 1,2Ha dan kapasitas produksi 4 ton/ bulan.
PRESTASI :
  1. Sertifikat CPIB – CBIB
  2. Piagam sebagai kewirausahaan terbaik dari Pemda Kab. Bandung

Mekar Mandiri (MM) adalah P2MKP dengan bidang usaha Perikanan terpadu yang berlokasi di Desa Ciaro Kecamatan Nagreg Kabupaten Bandung Propinsi Jawa Barat yang dikelola oleh Bp Enjang Saepuloh

Latar belakang bpk enjang saepuloh menekuni usaha di bidang perikanan dan menjadikan tempat usahanya sebagai Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP) dikarenakan ingin berbagi ilmu pengetahuan dan teknologi serta pengalaman kepada masyarakat lain yang membutuhkan terutama di sekitar usahanya. Adapun upaya peningkatan SDM petani sudah dimulai sebelum Mekar Mandiri dikukuhkan sbagai P2MKP yaitu melakukan penyuluhan kepada petani sekitar atau masyarakat lain yang membutuhkan tentang teknis budidaya, mencari upaya pengadaan modal dengan pihak, mengadakan pelatihan bekerjasama dengan pihak sponsor dan Balai Pelatihan maupun Universitas. Selain hal tersebut Mekar Mandiri juga mempunyai komitmen membantu program pemerintah dalam meningkatkan ekonomi masyarakat dan tercapainya harapan pemerintah dibidang perikanan, juga rasa tanggung jawab berbuat kepada masyarakat. Hal ini dapat dibuktikan sekarang dengan tumbuh dan berkembangnya budidaya perikanan di lingkungan masyarakat kecamatan Nagreg kabupaten Bandung yang secaraotomatis berdampak positip pada masyarakat yaitu dapat menambah peluang usaha bagi masyarakan dalam mengurangi angka kemiskinan dan pengangguran di desa Mekar Mandiri berada, dimana lebih dari 50 orang baik dalam naungan kelompok atau yang masih perorangan tebina sebagai petani perikanan produktif baik dalam kota maupun di luar kota yang merupakan komunitas jaringan mitra binaan.

Adapun basis usaha Mekar Mandiri yaitu Mina karya Muda di Desa ciaro kecamatan nagreg Kabupaten Bandung yang basis utamanya;

  1. Pembenihan Lele Dumbo yang telah bersetandar CPIB, jumlah pembenihan 2 unit dengan kapasitas produksi 400.000 ekor/ bulan.
  2. Pembesaran juga telah mendapatkan sertifikat CBIB, jumlah kolam 173 unit dengan luas kolam 1,2Ha dan kapasitas produksi 4 ton/ bulan.
  3. Pakan, kami masih menggunakan pakan pelet pabrikan dimana pada tiap bulannya menghabiskan rata-rata 4 ton pakan pelet di setiap group atau kelompoknya berada. dan kami berharap pada tahun ini sudah memiliki pabrik pakan sendiri guna menekan biaya produksi petani dan meningkatkan hasil keuntungan para petani disetiap panennya.
  4. Dibidang pengolahan tahun ini kami berencana akan mulai membinakan antara lain ; pengolahan nugget ikan, kerupuk dan abon sebagai pemberdayaan tambahan bagi masyarakat terutama ibu-ibu rumah tangga.

Kawasan Mekar Mandiri merupakan sentra perikanan yang sangat potensial karena disamping berlokasi di daerah pedesaan juga memiliki sumber pengairan yang sangat melimpah juga masih memiliki lahan-lahan potensial yang luas dan belum tergarap oleh para pelaku tani karena permodalan mereka yang masih sangat terbatas jumlah pembudidaya yang sudah terorganisir dalam naungan kelompok pada tahun 2010 bermula 9 KK dan pada tahun 2012 sekarang sudah mencapai 25 KK yang sudah terbina dalam wadah kelompok dan lebih dari 25 KK lainnya masih sebagai petani perikanan perorangan. Sungguh merupakan perkembangan yang mengagumkan karena bukan saja Mekar mandiri ini dapat melampoi perkembangan-perkembangan kelompok-kelompok lain di kabupaten Bandung ini namun hal luar biasa lain nya adalah ternyata penggagas,perintis Mekar Mandiri ini di pelopori oleh seorang pemuda yang mempunyai kepedulian dan dedikasi yang tinggi akan lingkungan dan pemberdayaan masyarakat dimanapun dia berada, dimana segmen usaha ini sudah merupakan hal yang jarang lagi di lirik oleh pemuda-pemuda jaman sekarang.

Berdasarkan potensi tersebut maka keberadaan P2MKP Mekar Mandiri di kecamatan Nagreg sangat diperlukan, hampir semua sarana dan prasarana pelatihan telah Mekar Mandiri miliki. Namun agar P2MKP Mekar Mandiri lebih dapat berbagi pengetahuan kepada saudara-saudara yang lain, mengingat yang menginginkan pelatihan juga banyak yang berasal dari daerah lain dan jauh maka Mekar Mandiri sedang berusaha menambah fasilitas penginapan dan sarana pelatihan untuk itu mohon dukungan berbagai pihak.

Bpk Enjang Saepuloh yakin apabila dalam berusaha kita mau berbagi kepada yang lain Insya Allah rejeki dan kemudahan akan di limpahkan pada kita, dan dengan bekerjasama maka kita akan lebih kuat dan maju. Untuk hal ini bpk Enjang saepuloh mempunyai moto ‘Mari berkarya demi kejayaan kita serta masyarakat indonesia tercinta karna alam sudah menyediakan segala sesuatunya untuk kita’.

Silahkan isi komentar anda di bawah ini :

komentar