MERAH PUTIH adalah P2MKP dengan bidang usaha Budidaya Ikan Air Tawar khususnya budidaya ikan lele, Gurame dan Nila yang berlokasi di Jl. Otto Iskandardinata I RT 01 RW 14 Kel. Bojongherang Kec. Cianjur Kab. Cianjur yang dikelola oleh Bp R.A. Ridwan. Berikut merupakan profil lengkapnya :

NAMA P2MKP : MERAH PUTIH
NAMA PENGELOLA : R.A. Ridwan
ALAMAT : Jl. Otto Iskandardinata I RT 01 RW 14 Kel. Bojongherang Kec. Cianjur Kab. Cianjur
TELP/HP/FAX/EMAIL :  
USAHA PERIKANAN YANG DIKELOLA : Budidaya Ikan Air Tawar Khususnya Lele, Nila dan Gurame
KAPASITAS PRODUKSI :
PRESTASI :

Merah Putih merupakan lembaga pendidikan pelatihan dan penyuluhan yang berkomitmen terhadap pemberdayaan masyarakat melalui pendidikan formal dan non formal, pelatihan serta penyuluhan dalam rangka mencetak sumber daya manusia yang berkualitas. Merah Putih memliki sarana fisik berupa bangunan gedung 180 m2 (dua lantai) serta 160 m2, selain itu juga memiliki kolam ikan sendiri seluas 150 m2 dan system kerjasama 10.000 m2, ruang belajar 4 kelas @ 72 m2, lahan tanah milik sendiri 850 m2 dan 19.000 m2. Semua sarana dan prasarana tersebut sebagai fasilitas yang dimiliki dalam rangkaian kegiatan usaha budidaya ikan air tawar.

Latar belakang Merah Putih menekuni usaha di bidang perikanan budidaya ikan air tawar khususnya lele, gurame dan nila menjadikan tempat usahanya sebagai Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP) dikarenakan ingin berbagi ilmu pengetahuan dan teknologi dan pengalaman kepada masyarakat terutama kepada para pemuda yang belum memiliki penghasilan tetap di sekitar usahanya. Upaya peningkatan SDM sudah dimulai sebelum Merah Putih dikukuhkan sebagai P2MKP yaitu melakukan penyuluhan kepada masyarakat sekitar tentang teknis budidaya ikan. Selain hal tersebut Merah Putih juga mempunyai komitmen membantu program pemerintah dalam meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar dan tercapainya harapan pemerintah, juga rasa tanggung jawab berbuat kepada masyarakat. Sampai dengan saat ini Merah Putih telah bermitra dengan Pemda Kab. Cianjur, Kemendikbud RI, BBAT Sukabumi, Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan Kab. Cianjur, Dinas Pendidikan Kab. Cianjur, Pengusaha pakan ikan di Kab. Cianjur, Dinas Indagro Pemda Prov. Jawa Barat, PPPPG Cianjur, Koordinator Kepala-kepala SMK se Kab. Cianjur, Dinas Pertanian Kab. Cianjur.

Keberadaan Merah Putih sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar, dengan kemitraan yang begitu luas sehingga memudahkan bagi masyarakat untuk bekerjasama dalam menekuni usaha budidaya ikan air tawar. Selain itu Merah Putih sangat berperan dalam mencetak SDM yang berkualitas dalam segala bidang terutama bidang budidaya ikan, serta memberikan kompetensi kewirausahaan bagi yang akan menekuni wirausaha usaha di bidang budidaya. Bpk. R.A. Ridwan sebagai pengelola P2MKP Merah Putih berharap dengan keberadaan Merah Putih dapat menularkan kompetensi yang dimiliki kepada masyarakat lainnya yang ingin meniru kesuksesan dalam berbudidaya ikan air tawar, karena beliau berkeyakinan apabila dalam berusaha budidaya ikan mau berbagi kepada yang masyarakat lain sehingga masyarakat meniru kesuksesan kita, Insya Allah rejeki dan kemudahan akan di limpahkan pada kita, dan dengan bekerjasama maka kita akan lebih kuat dan maju.

Silahkan isi komentar anda di bawah ini :

komentar