NAMA P2MKP : MINA LAKSANA
NAMA PENGELOLA : Talim Endo Saputra
ALAMAT : Kp. Depok II RT 02 RW 07 Desa Sukahurip Kec. Tamansari Kota Tasikmalaya
TELP/HP/FAX/EMAIL : 081323745478
USAHA PERIKANAN YANG DIKELOLA : Budidaya Ikan Air Tawar
KAPASITAS PRODUKSI : Luas lahan 1,25 Ha dengan produksi sekitar 5.000 ekor / bulan
PRESTASI :

MINA LAKSANA adalah P2MKP dengan bidang usaha Budidaya Ikan Air Tawar yang berlokasi di Kp. Depok II RT 02 RW 07 Desa Sukahurip Kec. Tamansari Kota Tasikmalaya yang dikelola oleh Bp Talim Endo Saputra yang sekaligus merupakan Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) wilayah Jawa Barat.

Tasikmalaya merupakan daerah di wilayah prov. Jawa Barat yang sudah lama dikenal sebagai daerah / sentra budidaya perikanan ikan air tawar atau lebih dikenal dengan istilah perikanan darat. Di Tasikmalaya paling banyak jenis ikan air tawar yang berkembang dan hidup dengan subur seperti ikan mas dengan berbagai varietas, ikan gurame, nilem, tawes dan jenis ikan lainnya. Budidaya ikan air tawar telah menjadi sumber pendapatan bagi sebagian besar masyarakat Tasikmalaya. Dengan kondisi alam yang mendukung terutama dengan mata air yang terus mengalir dari Gunung Galunggung mendorong masyarakat untuk terus mengembangkan teknologi budidaya yang setiap saat terus berubah. Salah satu anggota masyarakat Tasikmalaya yang unggul dalam menjalankan usaha budidaya ikan air tawar adalah kelompok Mina Laksana dengan ketua pengelola Bpk. Talim Endo Saputra.

Latar belakang Bp Talim Endo Saputra menekuni usaha di bidang perikanan budidaya ikan air tawar menjadikan tempat usahanya sebagai Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP) dikarenakan ingin berbagi ilmu pengetahuan dan teknologi dan pengalaman kepada masyarakat lain yang membutuhkan terutama di sekitar usahanya. Upaya peningkatan SDM sudah dimulai sebelum Mina Laksana dikukuhkan sebagai P2MKP yaitu melakukan penyuluhan kepada masyarakat sekitar tentang teknis budidaya, pembuatan pakan, hama dan penyakit ikan dan manajemen kesehatan ikan. Selain hal tersebut Mina Laksana juga mempunyai komitmen membantu program pemerintah dalam meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar dan tercapainya harapan pemerintah dibidang budidaya perikanan, juga rasa tanggung jawab berbuat kepada masyarakat. Disamping itu sudah sejak dulu sampai dengan saat ini tidak sedikit para mahasiswa jurusan perikanan maupun sekolah umum lainnya yang melakukan praktek lapangan pada para petani ikan di Mina Laksana.

Bpk. Talim Endo Saputra sebagai pengelola P2MKP Mina Mulya telah lama terjun dalam budidaya ikan air tawar, karena sudah lama melakoni usaha budidaya ikan air tawar sehingga kompetensi budidaya ikan air tawar yang beliau miliki menjadi panutan bagi masyarakat sekitar yang juga merupakan Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) wilayah Jawa Barat. P2MKP Mina Laksana telah menjadi tujuan dari sekolah-sekolah umum (SMP, SMA) dalam rangka menambah wawasan bagi para siswa disekolah tersebut selain itu menjadi tempat praktek bagi siswa tersebut. Keberadaan P2MKP Mina Laksana sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar karena dengan telah lama dalam menekuni usaha budidaya ikan air tawar serta kompetensi yang dimiliki oleh bp. Talim Endo Saputra menjadikan Mina Laksana tempat rujukan bagi orang yang ingin terjun melakoni usaha budidaya ikan air tawar selain itu dapat menyerap tenaga kerja guna mengurangi angka pengangguran yang setiap saat terus bertambah, dengan diciptakannya lapangan kerja di bidang perikanan serta meningkatkan komptensi tenaga kerja yang sudah ada menjadi tenaga kerja yang terampil dan mempunyai akses yang mencukupi kedalam jaringan informasi global dan juga penyerapan jaringan informasi global.

Agar keberadaan P2MKP Mina Laksana lebih dapat berbagi pengetahuan kepada saudara-saudara yang lain, mengingat yang menginginkan pelatihan juga banyak yang berasal dari daerah lain dan jauh maka Mina Laksana sedang berusaha menambah fasilitas penginapan dan sarana pelatihan untuk itu mohon dukungan berbagai pihak.

Bp Talim Endo Saputra berkeyakinan apabila dalam berusaha budidaya ikan mau berbagi kepada yang masyarakat lain sehingga masyarakat meniru kesuksesan kita, Insya Allah rejeki dan kemudahan akan di limpahkan pada kita, dan dengan bekerjasama maka kita akan lebih kuat dan maju.

Silahkan isi komentar anda di bawah ini :

komentar