NAMA P2MKP : MINA  MULYA
NAMA PENGELOLA : Drs. Didi Supendi
ALAMAT : Jl. Simpanglima No. 78 Dusun Tridaya I RT/RW 03/04 Desa Tridayasakti Kec. Tambun Selatan Kab. Bekasi
TELP/HP/FAX/EMAIL : 021-88337902 / 081222911558
USAHA PERIKANAN YANG DIKELOLA : Pembenihan dan Pembesaran Ikan Hias, Lele Lokal, Lele Dumbo, Manajemen Kesehatan Ikan
KAPASITAS PRODUKSI :
PRESTASI :
  1. Penghargaan dari Gubernur Jawa Barat
  2. Penghargaan dari Dinas Perikanan Prov. Jawa Barat

Mina Mulya adalah P2MKP dengan bidang usaha Perikanan budidaya ikan hias, lele lokal dan lele dumbo yang berlokasi di Jl. Simpanglima No. 78 Dusun Tridaya I RT/RW 03/04 Desa Tridayasakti Kec. Tambun Selatan Kab. Bekasi yang dikelola oleh Bp Drs. Didi Supendi.

Latar belakang Bp Drs. Didi Supendi menekuni usaha di bidang perikanan budidaya ikan hias, lele lokal, lele dumbo menjadikan tempat usahanya sebagai Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP) dikarenakan ingin berbagi ilmu pengetahuan dan teknologi dan pengalaman kepada masyarakat lain yang membutuhkan terutama di sekitar usahanya. Upaya peningkatan SDM sudah dimulai sebelum Mina Mulya dikukuhkan sebagai P2MKP yaitu melakukan penyuluhan kepada masyarakat sekitar tentang teknis budidaya, pembuatan pakan, penanganan hama dan penyakit ikan, manajemen kesehatan ikan dan penyediaan pakan alami (Bloodworm, cacing sutra). Selain hal tersebut Mina Mulya juga mempunyai komitmen membantu program pemerintah dalam meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar dan tercapainya harapan pemerintah dibidang budidaya perikanan, juga rasa tanggung jawab berbuat kepada masyarakat.

P2MKP Mina Mulya merupakan sentra produksi perikanan yang pada awalnya bermulai dari mencoba mencari kegiatan untuk para pemuda putus sekolah yang tergabung dalam Karang Taruna Desa Tridayasakti. Pada tahun 1986, bersama dengan ibu-ibu PKK Desa Tridayasakti, bertani di lahan sempit, karena memang tidak lagimemiliki lahan pertanian yang memadai karena berubah fungsi menjadi daerah perumahan/pemukiman. Bermodal dari sebuah keyakinan bahwa dimanapun dan seberapapun lahan yang kita miliki, kita dapat melakukan kegiatan usaha perikanan. Pilihan jatuh pada budidaya ikan hias yang ditekuni hingga sekarang.

P2MKP Mina Mulya merupakan organisasi yang bersifat keilmuan, sosial, berjiwa kewirausahaan dan independen serta terbuka dengan mengembangkan jiwa kemandirian dalam berusaha dengan berbasis pada sektor kelautan dan perikanan dalam upaya pengembangan sumber daya menusia yang professional dan handal. Keberadaaan P2MKP di tengah masyarakat petani-nelayan semakin berperan serta dan partisipasinya dalam proses pembangunan nasional, khususnya bidang perikanan, antara lain partisipasi dalam upaya peningkatan sumber daya manusia perikanan.

Bpk. Drs. Didi Supendi sebagai pengelola P2MKP Mina Mulya telah lama terjun dalam budidaya ikan air hias, lele lokal dan lele dumbo. Sarana yang dimiliki olhe P2MKP Mina Mulya antara lain : Aquarium budidaya ukuran 100cm x 50cm x 33cm 700 buah, Kolam semen ukuran 250cm x 150cm sebanyak 65 buah, Kolam terpal ukuran 200cm x 300c 60 buah, Kolam tanah ukuran 5m x 4m 3 buah, Kamar tidur ukuran 3m x 4m 3 buah, Kamar mandi 2 buah, Ruang Belajar ukuran 3,5m x 9m 1 buah

memiliki ruang belajar, tempat praktek kerja milik sendiri yang terdiri dari 700 buah aquarium, 120 kolam budidaya ukuran 2 x 3. Ketersedian ruangan belajar dan tempat praktek sekaligus tempat berusaha tersebut karena seringnya P2MKP Mina Mulya kedatangan masyarakat sekitar bahkan dari luar daerah yang ingin belajar untuk berbudidaya ikan hias dan ikan lele sekaligus ingin meniru kesuksesan Mina Mulya dalam menjalankan usaha budidaya ikan hias dan air tawar. Dikarenakan banyaknya orang dari daerah untuk belajar, magang di Mina Mulya sedang berusaha menambah fasilitas penginapan dan sarana pelatihan untuk itu mohon dukungan berbagai pihak. Maka dari keberadaan P2MKP Mina Mulya sangat berarti setidaknya bagi masyarakat sekitar untuk membantu program dari pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui budidaya ikan. Bp Drs. Didi Supendi berkeyakinan apabila dalam berusaha budidaya ikan mau berbagi kepada yang masyarakat lain sehingga masyarakat meniru kesuksesan kita, Insya Allah rejeki dan kemudahan akan di limpahkan pada kita, dan dengan bekerjasama maka kita akan lebih kuat dan maju.

Silahkan isi komentar anda di bawah ini :

komentar