NAMA P2MKP : MINA PAPILON
NAMA PENGELOLA : Untung Sugiharto
ALAMAT : Jl. Bansari No. 30 Tejosari RT 02 RW 01 Desa Parakan Kauman Kec. Parakan Kab. Temanggung
TELP/HP/FAX/EMAIL : (0293) 596318, 087734094414, p_GS_05@yahoo.com
USAHA PERIKANAN YANG DIKELOLA : Budidaya Ikan Hias (Koi, dll)
KAPASITAS PRODUKSI : Per tahun produksi sekitar 600.000 ekor koi yang diperoleh 3 siklus pemijahan dengan kualitas : A Super : 15 ekor, B  : 400 ekor, C : 2000 ekor, D : 12.000 ekor, sedangkan sisanya dianggap seperti ikan hias biasanya
PRESTASI :   1.       Juara II Varietas Taisho Sansoku Ukuran 35 Cm Jogja Koi Show 2010 (Usagi Koi)

2.       Juara III Varietas Showa Sansoku Ukuran 35 Cm Jogja Koi Show 2010 (Usagi Koi)

3.       Piagam penghargaan dari Dinas Peternakan dan Perikanan sebagai pelopor budidaya ikan hias

4.       Juara I Lomba Ikan Hias Tingkat Propinsi Jawa Tengah 2011

5.       Juara III Pokdakan Ikan Hias Tingkat Nasional 2011 sekaligus Penerima Penghargaan

6.       Adhi Bhakti Mina Bahari 2011 di Pekanbaru

7.       Sertifikasi CPIB (Cara Pembenihan Ikan yang Baik) dengan Grade B

8.       Penerima Tali Asih dari Gubernur Jawa Tengah sebagai Kelompok Pembudidaya Ikan

9.       Hias yang telah memenangkan Lomba Tingkat Nasional, di Gedung Berlian Semarang pada tanggal 22 Desember 2011

 

Parakan Kauman secara geografis terletak di wilayah lereng gunung Sindoro. Wilayah tersebut dilalui oleh aliran air yang berasal dari mata air pegunungan serta jalan utama Temanggung – Wonosobo. Potensi wilayah yang cukup strategis ini, oleh sebagian masyarakat telah dimanfaatkan untuk memelihara ikan. Warga masyarakat yang memanfaatkan potensi perikanan di Parakan Kauman adalah Untung Sugiharto beserta rekan.

Berbekal pengetahuan dan ketrampilan dalam memelihara ikan hias, membudidayakan ikan koi dan koki. Dua puluh tahun yang lalu, usaha yang dimulai dari hobi mulai berkembang pesat hingga masyarakat sekitar banyak yang meniru. Dilandasi jiwa sosial dan bermasyarakat, mereka mengajak masyarakat tersebut untuk bermitra dalam memenuhi kebutuhan ikan hias koi dan koki di wilayah Temanggung, Wonosobo, Magelang dan Yogyakarta. Awalnya para pecinta ikan hias tersebut bergaung dalam sebuah paguyuban pecinta ikan koi “Terpikat”. Paguyuban tersebut hanya sebatas ajang diskusi, belumfokus pada upaya peningkatan produksi, sehingga permintaan ikan hias per bulan di wilayah tersebut berkisar antara 1000 – 2000 ekor per bulan dengan kualitas super belum bisa terpenuhi.

Oleh karena itu untuk menjamin kualitas dan kuantitas permintaan ikan hias, pada tanggal 13 Maret 2010 dibentuk Kelompok Pembudidaya Ikan “Mina Papilon”. Nama “Papilon” ini merupakan singkatan dari “Parakan Pinggir Kulon”, dengan anggota para pembudidaya ikan hias binaan yang bermitra dengan kelompok. Sebagai ketua ditunjuk Untung Sugiharto karena merupakan pembudidaya ikan koi senior.

Usaha utama kelompok Mina Papilon adalah budidaya ikan hias meliputi pemijahan, pembesaran dan pemasaran. Ikan hias yang dibudidayakan antara lain : ikan koi, koki serta Cacing Sutera. Selain ikan hias sebagai ‘core business’, Pokdakan “Mina Papilon” juga menjual cacing sutera dan sebagai pakan alami ikan pada awal siklus budidaya dan pellet serta obat – obatan ikan. Budidaya ikan lele dan nila juga dilakukan berdasarkan permintaan konsumen. Dalam pengembangan pembudidayaan ikan, Pokdakan “Mina Papilon” mengadakan kesepakatan antar anggota dalam hal pinjam – meminjam induk. Anggota yang meminjam induk harus menyetor benih hasil pemijahannya sebesar 5 – 10 persen.

Latar belakang Mina Papilo menekuni usaha di bidang perikanan dan menjadikan tempat usahanya sebagai Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP) dikarenakan ingin berbagi ilmu pengetahuan dan teknologi dan pengalaman kepada masyarakat lain yang membutuhkan terutama di sekitar usahanya. Upaya peningkatan SDM masyarakat sudah dimulai sebelum Mina Papilon dikukuhkan sbagai P2MKP yaitu melakukan penyuluhan kepada masyarakat sekitar tentang teknis budidaya ikah hias. Selain hal tersebut Mina Papilon juga mempunyai komitmen membantu program pemerintah dalam meningkatkan ekonomi masyarakat dan tercapainya harapan pemerintah dibidang perikanan, juga rasa tanggung jawab berbuat kepada masyarakat. Dengan telah ditetapkan Mina Papilon menjadi P2MKP, berharap tumbuhnya jaringan usaha baru yang tentunya akan memperkuat perkembangan usaha dan pelatihan dari P2MKP Mina Papilon yang pada akhirnya akan mensejahterakan masyarakat.

Silahkan isi komentar anda di bawah ini :

komentar