P2MKP Mina Perkasa Kab Bandung yang menjalankan fungsinya sebagai pusat pelatihan Mandiri telah melatih masyarakat sekitar Kab.Bandung yang di danai pemerintah maupun dari swasta yang ingin berwirausaha ataupun ingin memperdalam ilmu dibidang perikanan.Selain Melatih masyarkat Kami juga membantu Pemerintah untuk mengurangi jumlah penganggurn yang khususnya di Kabupaten Bandung sebagai salah satu langkah konkrit yang dilakukan pemerintah yang dimotori oleh Kementrian Kelautan Perikanan untuk meningkatkan kualitas pembudidaya dan masyarakat yang baru dalam bidang pembudidayaan.dengan pemberian materi pembudidayaan secara tradisioanal dan teknologiyang ada kami memberikan materi.

Selain Program pelatihan kami juga melakukan kegiatan pembudidayaan seperti ikan mas,nila,lele dan koi dan melakukan pembinaan untuk beberapa kelopok perikananan. Dengan kegiatan ini kami berharap bisa menetak pembudidaya yang handal yang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

PROFIL P2MKP MINA PERKASA


NAMA P2MKP : MINA PERKASA
NAMA PENGELOLA : Asep Sukarsa
ALAMAT : Jl. Raya Pacet KM 2 No. 18 B Kp. Buntrak RT 01 RW 13 Desa Sagaracipta Kec. Ciparay Kab. Bandung
TELP/HP/FAX/EMAIL : 081563146605, asepsukarsa@yahoo.com
USAHA PERIKANAN YANG DIKELOLA : Pembenihan Ikan Lele, Mas, Nila dan Koi
KAPASITAS PRODUKSI :
  1. Pembenihan ikan mas dengan luas 3 Ha dengan kapasitas produksi 2 juta ekor/ bulan.
  2. Pembenihan ikan Nila dengan luas 2 Ha dengan kapasitas produksi  1 juta ekor/ bulan.
  3. Pembenihan lele dengan luas 1 Ha dengan kapasitas produksi 1,2 juta ekor/ bulan.
  4. Dibidang pengolahan antara lain ; nugget ikan dan Baby Fish kerupuk dan abon
PRESTASI :
  1. Juara I Lomba UPR Tingkat Kabupaten Tahun 2010
  2. Juara II Lomba UPR Tingkat Propinsi tahun 2011
  3. Dan ditugaskanya pak Asep Sukarsa sebagai Penyuluh Swadaya, Pengelola Posluhkan, dan Ketua Unit Pelayanan Pengembangan (UPP) Kabupaten bandung

Mina Perkasa adalah P2MKP dengan bidang usaha Perikanan terpadu yang berlokasi di Kampung Buntrak Desa Sagaracipta Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung Jawa juga Barat yang dikelola oleh Bapak Asep Sukarsa.

Latar belakang bp Asep Sukarsa menekuni usaha di bidang perikanan dan menjadikan tempat usahanya sebagai Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP) dikarenakan ingin berbagi ilmu pengetahuan dan teknologi dan pengalaman kepada masyarakat lain yang membutuhkan terutama di sekitar usahanya. Upaya peningkatan SDM petani sudah dimulai jauh sebelum Mina Perkasa dikukuhkan sbagai P2MKP yaitu dengan pembentukan kelompok pembudidaya ikan “Mina Perkasa” yang terbentuk atas dasar keinginan, kebutuhan, harapan dan tujuan bersama seluruh anggota yang diawali dengan pertumbuhan dan perkembangan dari petani ikan khususnya para petani di Desa Pakutandan dan Sagaracipta. Maka para pembudidaya ikan mulai berpikir untuk membentuk sebuah kelompok UPR (Unit Pembenihan Rakyat). Didukung juga oleh permintaan benin ikan yang tinggi, maka kondisi demikian semakin memberikan motivasi untuk meningkatkan usaha sehingga pendapatan masyarakat semakin meningkat. Para pembudidaya mulai berembuk dan berkeinginan untuk membentuk wadah organisasi pembudidaya ikan melalui kelompok.

Sejalan dengan keinginan, tekad dan kebutuhan yang sama untuk meraih peluang, para pembudidaya ikan mengadakan musyawarah untuk ukan penyuluhan kepada petani sekitahari jum’at tanggal 10 Februari 2006, bapak Asep Sukarsa dan 9 orang pembudiaya ikan lainnya bermusyawah untuk membentuk suatu wadah yang diberi nama UPR Mina Perkasa (UPR-MP).

Nama Mina Perkasa merupakan hasil kesepakatan bersama seluruh anggota yang disesuaikan dengan keinginan seluruh pembudidaya ikan dengan tujuan untuk meningkatkan perekonomian lokal di bidang perikanan (mina) yang kuat dan kokoh bersama (perkasa). Sehingga dengan demikian diharapkan dapat memberikan penghidupan dan kehidupan baik para pembudidaya ikan khususnya serta bagi masyarakat sekitar pada umumnya, dlam rangka meningkatkan taraf ekonomi yang lebih baik.

Dengan terbentuknya Kelompok UPR-MP, selain menjadi wadah untuk mencapai tujuan bp asep juga menjadikan kelompok sebagai tempat melakukan penyuluhan kepada petani sekitar tentang teknis budidaya, manajemen usaha dan pengolahan ikan, mengadakan pelatihan bekerjasama dengan dinas terkait Selain hal tersebut UPR-MP juga mempunyai komitmen membantu program pemerintah dalam meningkatkan ekonomi masyarakat dan tercapainya harapan pemerintah dibidang perikanan, dan rasa tanggung jawab berbuat kepada masyarakat.

Hal ini dapat dibuktikan sekarang dengan banyaknya masyarakat sekitar yang beralih mata pencaharian dari petani padi dan kebun ke usaha perikanan. Selain itu dapat dari penghargaan uang pernah didapat UPR Mina Perkas, antara lain :

  1. Juara I Lomba UPR Tingkat Kabupaten Tahun 2010
  2. Juara II Lomba UPR Tingkat Propinsi tahun 2011
  3. Dan ditugaskanya pak Asep Sukarsa sebagai Penyuluh Swadaya, Pengelola Posluhkan, dan Ketua Unit Pelayanan Pengembangan (UPP) Kabupaten bandung

Adapun basis usaha utama UPR-MP adalah sebagai :

  1. Pembenihan ikan mas dengan luas 3 Ha dengan kapasitas produksi 2 juta ekor/ bulan.
  2. Pembenihan ikan Nila dengan luas 2 Ha dengan kapasitas produksi 1 juta ekor/ bulan.
  3. Pembenihan lele dengan luas 1 Ha dengan kapasitas produksi 1,2 juta ekor/ bulan.
  4. Dibidang pengolahan antara lain ; nugget ikan dan Baby Fish kerupuk dan abon.

Kawasan UPR-MP merupakan sentra perikanan yang cukup besar di Jawa barat, khususnya dalam bidang pembenihan. Dengan luas kolam pembenihan ± 5 Ha, di dukung dengan sumberdaya alam terutama pengairan yang tersedia sepanjang tahun yang sangat mendukung keberhasilan pembudidaya ikan yang merupakan komoditas unggulan Kabupaten Bandung, yaitu, ikan mas, ikan nila, dan lele.

Berdasarkan potensi tersebut maka keberadaan P2MKP Mina Perkasa sangat diperlukan, hampir semua sarana dan prasarana pelatihan telah Dimilki P2MKP Mina Perkasa. Namun agar P2MKP Mina Perkasa dapat meningkatkan kualitas benih khususnya permintaan dari pembudidaya Kabupaten Bandung dan Kabupaten lainnya di Jawa Barat, maka P2MKP Mina Perkasa sedang berusaha menambah induk yang berkualitas, untuk mewujudkan keinginan tersebut mohon dukungan dari berbagai pihak yang terkait.

Bp Asep Sukarsa mempunyai keyakinan, apabila dalam berusaha kita mau berbagi kepada yang lain Insya Allah rejeki dan kemudahan akan di limpahkan pada kita, dan dengan bekerjasama maka kita akan lebih kuat dan maju.. Amin…

Silahkan isi komentar anda di bawah ini :

komentar