NAMA P2MKP : MINA SEJAHTERA
NAMA PENGELOLA : Nelson Soemanda
ALAMAT : Jl. Ampera No. 56 Makale Kel. Bombongan RT. 001 RW.002 Kec. Makale Kab. Tana Toraja Sulsel Kode Pos 91811
TELP/HP/FAX/EMAIL : 08124218655, ncabdc@yahoo.com
USAHA PERIKANAN YANG DIKELOLA : Budidaya Ikan Mas, Nila dan Lele
KAPASITAS PRODUKSI : Budidaya : Luas lahan 2,2 Ha, Kolam Tanah 22 unit/M2, Kolam Terpal 12 unit.

Pengolahan : produksi 5 kg, jenis olahannya baru 1 macam

PRESTASI :

Mina Sejahtera merupakan unit usaha di bidang budidaya perikanan yang dikelola oleh kelompok masyarakat di pinggiran kota Makale Kab. Tana Toraja Propinsi Sulawesi Selatan. Ketua Pengelola Mina Sejahtera adalah Nelson Soemanda mantan seorang bankir, yang melanjutkan kiprahnya menjadi konsultan bisnis dan trainer bidang kewirausahaan. Cikal bakal lahirnya Mina Sejahtera dimulai dari kegiatan Pelatihan Budidaya Ikan Lele dan Nila yang diselenggarakan oleh Pusat Pelatihan Kelautan dan Perikanan, Badan Pengembangan SDM KP pada bulan April 2009 di Lembang Marinding, Kec. Mengkendek, Kab. Tana Toraja, Propinsi Sulsel .

Pelatihan yang baru pertama kalinya diadakan di Tana Toraja ini disambut sangat antusias oleh para peserta yang berasal dari 6 kecamatan dan para tokoh masyarakat setempat karena mengharapkan hasil dari pelatihan ini akan memberi dampak positip bagi kehidupan masyarakat setempat khususnya dalam budidaya ikan air tawar. Olehnya itu pasca pelatihan, sebanyak 2 kelompok peserta mengumpulkan jatah uang saku mereka untuk digunakan menyewa sepetak sawah sebagai modal awal memulai usaha budidaya ikan . Kegiatan ini juga sebagai Rencana Tindak Lanjut peserta pasca pelatihan. Setahun pasca pelatihan tepatnya pada April 2010, kolam kelompok mendapatkan dukungan pendanaan dari pemerintah daerah untuk perbaikan kolam.

Pada akhir 2010 kelompok yang ada dipecah menjadi tiga kelompok di tiga wilayah desa setelah kelompok awal mengikuti Pelatihan Kewirausahaan yang diselenggarakan oleh International Labour Organization (ILO) di Tana Toraja. Awal 2011 dua orang ketua kelompok diikutkan pelatihan khusus pemijahan ikan di Maros, dengan dukungan pendanaan dari PT. Suri Tani Pemuka Tbk dan PT.BPR Sulawesi Mandiri dalam rangka program pengembangan budidaya ikan air tawar di Kabupaten Tana Toraja. Pasca Pelatihan Tehnik Pemijahan di Maros, bersama-sama PT. Suri Tani Pemuka (Japfa Grup) dan PT.BPR Sulawesi Mandiri melakukan sosialisasi kegiatan budidaya perikanan kepada siswa SPP Pertanian dan alumni Puslat KP lainnya .

Pada bulan April 2011 kelompok mendapat kunjungan Konsultan ILO dalam rangka penyusunan best practice keberhasilan alumni yang pernah dilatih . Kegiatan ILO ini dilanjutkan dengan Focus Group Discussion dengan Dinas Pendidikan Luar Sekolah dan Dinas Koperasi dan UKM Kab. Tana Toraja. Hasil dari FGD tersebut yaitu penawaran melatih dari Sanggar Kegiatan Belajar. Kegiatan usaha yang awalnya hanya berupa pembesaran, dikembangkan ke usaha perbenihan, hal ini dimaksudkan agar kebutuhan benih dapat dipenuhi sendiri dengan harga yang lebih murah. Di sisi lain pengembangan sumber daya manusia khususnya ketua-ketua kelompok diupayakan agar setiap tahunnya secara bergantian dikirim mengikuti pelatihan di Aertembaga Bitung, termasuk didalamnya pengembangan sarana kolam perbenihan dan pembesaran agar dapat menjadi contoh yang baik di masyarakat .

Setelah usaha budidaya perikanan berkembang pesat dan menjadi contoh bagi masyarakat sekitar dengan adanya yang magang atau pelatihan di Mina Sejahtera, maka Pusat Pelatihan Kelautan dan Perikanan menetapkan Mina Sejahtera menjadi Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan. Mina Sejahtera Sekretariat : Jln. Ampera No. 56 Makale Kab.Tana Toraja, Propinsi Sulsel Kolam Praktek : Kampung Bala, Lembang Bala Randanan,Kec. Mengkendek (Km.5), Kab. Tana Toraja, Propinsi Sulsel Telepon/Hp : 08124218655 Email : ncabdc@yahoo.com Setelah menjadi P2MKP maka Mina Sejahtera segera memulai langkah awal merealisir penawaran pelatihan yang diperoleh sebelumnya, dan pada 28 Nov-24 Des 2011 bekerjasama dengan Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kecamatan Mengkendek mengadakan Pelatihan Budidaya Ikan Mas dan Lele dalam rangka Desa Vokasi bagi masyarakat disekitar lokasi P2MKP. Pelatihan tersebut Terdiri atas 20 % Teori dan 80 % Praktek dan paska pelatihan peserta mendapatkan bibit ikan rata2 sebanyak 1.000 ekor dan pendampingan dari para Instruktur P2MKP Mina Sejahtera.

Sekarang Mina Sejatera telah membangun jejaring kerja dan pelatihan dengan Dinas Peternakan dan Perikanan Kab. Tana Toraja maupun Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Sulawesi Selatan, Pendidikan Luar Sekolah, Dinas Koperasi dan UKM, PT. Suri Tani Pemuka (Japfa Group), SPP Pertanian, ILO, dan Forum Komunikasi P2MKP Nasional. Dengan telah ditetapkannya Mina Sejahtera menjadi P2MKP, harapan yang akan datang adalah menjadikan masyarakat umum provinsi Sulawesi Selatan khususnya masyarakat Kab. Tana Toraja akan sejahtera.

Silahkan isi komentar anda di bawah ini :

komentar