NAMA P2MKP : NELAYAN  JAYA  SARI
NAMA PENGELOLA : Nyoman Mendra
ALAMAT : Jl. Pratu Iswandi, Alas Harum Desa Kalianget Kec. Seririt Kab. Buleleng Bali
TELP/HP/FAX/EMAIL : 08124632839
USAHA PERIKANAN YANG DIKELOLA : Budidaya dan Pengolahan Rumput Laut
KAPASITAS PRODUKSI : Data produksi rumput laut jaya sari dari tahun 2009-2011. Data produksi Rumput laut tahun 2009 sebanyak 28521 ton basah,kalau di rata-rata perpanen mencapai 3565 ton. Data produksi Rumput laut tahun 2010 sebanyak 30821 ton basah kalau di rata-rata perpanen mencapai 3852 ton. Data produksi Rumput laut tahun 2011 sebanyak 15408 ton, cuma 4 bulan bisa berbudi daya di sebabkan  ombak besar[Pengaruh gelombang dan cuaca tidak menentu]
PRESTASI :  

P2MKP Nelayan Jaya Sari menekuni usaha awalnya dibidang penangkapan, namun dari armada tidak cukup mendukung karena masih tradisional. Dan dari segi penghasilan kurang memadai (tidak cukup untuk menghidupi keluarga). Waktu terus berjalan harus merubah haluan karena melihat budi daya ruput laut cukup menjanjikan dari segi penghasilan atau pendapatan, dengan berkordinasi dengan Dinas Perikanan Kelautan Kabupaten Buleleng melalui PPL-nya untuk menambah teori – teori budidaya dan untuk menambah SDM dan praktik / study banding di Wilayah Provinsi Bali setelah matang baru berbudi daya. Mulai awal tahun 2004 sampai sekarang maju mundurnya budi daya rumput laut tergantun dari saya sendiri dan penerapan teori dan praktik di lapangan serta metode yang saya terapkan sesuai kondisi laut yang saya hadapi yaitu : terbuka dan berarus kuat. Dengan panjang pantai Kabupaten Buleleng begitu luas (panjang pantai 1.544 km). Data produksi rumput laut jaya sari dari tahun 2009-2011. perlu disampaikan bahwa 1 tahun adalah 12 bulan, namun bulan yang efektip menanam rumput laut dari bulan 3 akhir cuma 8 bulan yang bisa di pergunakan untuk menanam rumput laut(Budi daya di laut lepas) masa panen rumput laut produksi 45 hari. Data produksi Rumput laut tahun 2009 sebanyak 28521 ton basah,kalau di rata-rata perpanen mencapai 3565 ton. Data produksi Rumput laut tahun 2010 sebanyak 30821 ton basah kalau di rata-rata perpanen mencapai 3852 ton. Data produksi Rumput laut tahun 2011 sebanyak 15408 ton, cuma 4 bulan bisa berbudi daya di sebabkan ombak besar[Pengaruh gelombang dan cuaca tidak menentu] dan untuk tahun 2012 Nelayan Jaya Sari baru bisa menanam dari pertengahan bulan april.

Bapak Nyoman Mendra menekuni usahanya di bidang budi daya rumput laut dan menjadikan tempat usahanya sebagai Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP) supaya bias berbagi ilmu pengetahuan dan teknologi dan pengalaman kepada masyarakat lain yang membutuhkan terutama disekitar usahanya. Sebelum Jaya Sari di kukuhkan sebagai P2MKP, peningkatan SDM petani sudah dimulai dengan melakukan penyuluhan teori – teori budi daya rumput laut, metode rumput laut, pasca panen, pembibitan, produk olahan dari rumput laut untuk ibu – ibu nelayan. Mengadakan pelatihan bekerja sama dengan LSM Kalimajari dan Balai Lokal Lombok yang membidangi penelitian. Selain itu Jaya Sari memiliki komitmen membantu program pemerintah dalam meningkatkan ekonomi masyarakat dan tercapainya harapan pemerintah di bidang perikanan secara luas, juga rasa tanggung jawab berbuat kepada masyarakat hal ini dapat dibuktikan sekarang dengan berkurangnya angka kemiskinan di sekitar P2MKP Jaya Sari berada yang dulunya 30 % hingga saat ini tinggal 3% yang masih miskin.

Adapun basis usaha Jaya Sari yaitu di Desa Kalianget yang berbasis utamanya adalah menjual produksi rumput laut standar nasional basah dan kering, menjual bibit rumput laut sesuai arahan balai lokal Lombok, dibidang pengolahan rumput laut antara lain : agar – agar, dodol rumput laut, permen rumput laut, krupuk rumput laut, donat rumput laut, dan lain sebagainya. Di kawasan Jaya Sari merupakan kawasan budi daya rumput laut dan penangkapan berjalan beriringan selaras dan serasi, luas petak budi daya 3,5 hektar dengan pembudi daya baru 40 orang.

Berdasarkan potensi tersebut maka keberadaan P2MKP Jaya Sari di Dusun Alas Harum, Desa Kalianget, Kecamatan Seririt, Kabupaten Buleleng – Bali sangat diperlukan hampir semua sarana dan prasaran pelatihan di Jaya Sari sedang saya upayakan supaya Jaya Sari miliki, namun agar P2MKP Jaya Sari lebih dapat berbagi pengetahuan kepada saudara – saudara yang lain mengingat yang menginginkan pelatihan juga banyak yang berasal dari daerah lain dan jauh maka Jaya Sari ingin memiliki fasilitas, ruang belajar yang memadai, penginapan dan sarana pelatihan, untuk itu mohon dukungan dari pihak yang membidangi program ini.

Dengan telah ditetapkan Nelayan Jaya Sari menjadi P2MKP, Bapak Nyoman Mendra berharap tumbuhnya jaringan usaha baru yang tentunya akan memperkuat perkembangan usaha dan pelatihan dari P2MKP Nelayan Jaya Sari yang pada akhirnya akan mensejahterakan masyarakat.

Silahkan isi komentar anda di bawah ini :

komentar