Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan nonformal keagamaan yang mendidik generasi muda (santri dan pemuda di sekitar lingkungan pondok pesantren) yang dilakukan oleh tokoh masyarakat (Kiai). Peran pondok pesantren yang sangat berpengaruh dalam kehidupan sosial di pedesaan menjadikan pondok pesantren memiliki tanggung jawab untuk memberdayakan ekonomi (termasuk melalui usaha perikanan) di daerah pedesaan. Kepemimpinan Kiai yang masih menjadi teladan dan panutan masyarakat dapat dijadikan sebagai salah satu faktor pendorong masyarakat khususnya di sekitar pondok pesantren untuk mengikuti bisnis perikanan yang dikembangkan oleh pondok pesantren yang memiliki lahan usaha perikanan sebagai bagian dari pemberdayaan pondok pesantren.

——————————————————————————————————————————————————

NAMA   P2MKP : NURUL HUDA
NAMA   PENGELOLA : KH.   Asep Abdul Yazid
ALAMAT : Jl.   Bustami Burhanudin Kp. Cibadak RT 01 RW 01 Desa Cijeruk Kec. Cijeruk Kab.   Bogor
TELP/HP/FAX/EMAIL : 081383546807,   082123749627
USAHA   PERIKANAN YANG DIKELOLA : Pembenihan   dan Pembesaran Ikan Lele dan Mas
KAPASITAS   PRODUKSI :  
PRESTASI :  

——————————————————————————————————————————————————

NURUL HUDA adalah P2MKP dengan bidang usaha Pembenihan dan Pembesaran Ikan Lele dan Mas yang berlokasi di Pondok Pesantren Nurul Huda Jl. Bustami Burhanudin Kp. Cibadak RT 01 RW 01 Desa Cijeruk Kec. Cijeruk Kab. Bogor yang dikelola oleh Bp KH. Asep Abdul Yazid.

Dengan latar belakang dan potensi yang ada di Kelompok Usaha Perikanan Nurul huda menekuni usaha di bidang Pembenihan dan Pembesaran Ikan Lele dan Mas menjadikan tempat usahanya sebagai Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP) dikarenakan ingin berbagi ilmu pengetahuan dan teknologi dan pengalaman kepada masyarakat lain yang membutuhkan terutama di sekitar usahanya. Upaya peningkatan SDM sudah dimulai sebelum Nurul huda dikukuhkan sebagai P2MKP yaitu melakukan penyuluhan kepada masyarakat sekitar tentang teknis Pembenihan dan Pembesaran Ikan Lele dan Mas. Selain hal tersebut Nurul huda juga mempunyai komitmen membantu program pemerintah dalam meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar dan tercapainya harapan pemerintah dibidang budidaya perikanan khususnya Pembenihan dan Pembesaran Ikan Lele dan Mas, juga rasa tanggung jawab berbuat kepada masyarakat.

Keberadaan P2MKP Nurul huda di Kab. Bogor sangat diperlukan oleh masyarakat, dengan adanya P2MKP Nurul huda dapat meningkatkan hasil usaha disektor perikanan sebagai sumber pendapatan yang primadona, meningkatkan kemampuan dan pengetahuan tentang Pembenihan dan Pembesaran Ikan Lele dan Mas baik secara manual maupun modernisasi serta dapat menggalakkan industrialisasi perikanan ditengah-tengah masyarakat. Selain itu keberadaan P2MKP Nurul huda dapat menyediakan lapangan kerja baru bagi masyarakat umum dan masyarakat banyak meniru dan mencontoh kegitan usaha di Nurul huda, dengan cara belajar atau magang di tempat tersebut. Hal ini sesuai dengan tujuan awal didirikan kelompok usaha Nurul huda.

Nurul huda mengucapkan terima kasih banyak kepada Badan Pengembangan SDM Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan karena telah menetapkan Nurul huda sebagai Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP). Dengan kepercayaan pemerintah ini diharapkan akan tumbuh pembudidaya baru lebih banyak lagi, khususnya masyarakat yang ingin belajar namun adanya keterbatasan dana buat berlatih, dengan demikian akan mengurangi angka pengangguran dan menaikkan tarap hidup masyarakat, lebih jauh diharapkan akan bermunculan mitra kerja baru bagi Nurul huda.

KH. Asep Abdul Yazid selaku ketua kelompok usaha perikanan Nurul huda berkeyakinan apabila dalam berusaha dan bekerja mau berbagi kepada yang masyarakat lain sehingga masyarakat meniru kesuksesan kita, Insya Allah rejeki dan kemudahan akan di limpahkan pada kita sehingga kita tidak perlu takut akan persaingan dan ilmu kita akan habis, justru itu akan membangun kelompok dan bekerjasama maka kita akan lebih kuat dan maju.

Silahkan isi komentar anda di bawah ini :

komentar