NAMA P2MKP : PANDAN WANGI
NAMA PENGELOLA : H. Zulfakar, Ch
ALAMAT : Kp. Parung Singa RT. 003 / 07 Ds. Karehkel Kec. Leuwiliang Kab. Bogor
TELP/HP/FAX/EMAIL : 0251-8645960, 081311468936, zulfakarchalid@ymail.com
USAHA PERIKANAN YANG DIKELOLA : Pengolahan Hasil Perikanan
KAPASITAS PRODUKSI : Produksi 100 Kg dengan jenis olahan Abon Ikan, Dendeng Ikan, kerupuk ikan patin
PRESTASI :

PANDAN WANGI adalah P2MKP dengan bidang usaha Pengolahan Hasil Perikanan yang berlokasi di Kp. Parung Singa RT. 003 / 07 Ds. Karehkel Kec. Leuwiliang Kab. Bogor yang dikelola oleh H. Zulfakar, Ch.

Latar belakang H. Zulfakar, Ch menekuni usaha di bidang pengolahan hasil perikanan menjadikan tempat usahanya sebagai Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP) dikarenakan ingin berbagi ilmu pengetahuan dan teknologi dan pengalaman kepada masyarakat lain yang membutuhkan terutama di sekitar usahanya. Upaya peningkatan SDM masyarakat sekitar sudah dimulai sebelum GMM dikukuhkan sebagai P2MKP yaitu melakukan penyuluhan kepada petani sekitar tentang teknis pengolahan ikan dan diversifikasi olahan hasil perikanan, mencari upaya pengadaan modal dengan pihak koperasi dengan pinjaman lunak, mengadakan pelatihan bekerjasama dengan pihak sponsor maupun Institut Pertanian Bogor. Selain hal tersebut Pandan Wangi juga mempunyai komitmen membantu program pemerintah dalam meningkatkan ekonomi masyarakat dan tercapainya harapan pemerintah dibidang pengolahan hasil perikanan, juga rasa tanggung jawab berbuat kepada masyarakat.

Adapun bidang usaha Pandan Wangi yang basis utamanya adalah pengolahan hasil perikanan dengan jenis Abon ikan, dendeng ikan, kerupuk ikan patin, ke tiga produk tersebut sudah bermerk dan bersertifikat halal dari MUI dan dipasarkan ke Jakarta dan sekitarnya. Selain sebagai pengelola P2MKP Pandan Wangi, Bp. H. Zulfakar, Ch berperan sebagai penyuluh perikanan swadaya yang bersertifikat dari Kepala Badan Pengembangan SDM KP berusaha siap berbagi pengalaman kepada pihak lain saling mengisi saling membutuhkan sehingga akan meningkatkan usahanya masing-masing. Hal tersebut semakin memperjelas posisi Pandan Wangi yang sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar, karena selain Pandan Wangi berperan menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat sekitar, juga sebagai tempat belajar untuk mencontoh keberhasilan dari usaha pengolahan ikan yang dijalankan Pandan Wangi bagi mereka yang akan berwirausaha di bidang pengolahan hasil perikanan.

Bapak H. Zulfakar, Ch, “Yakin apabila dalam berusaha kita mau berbagi kepada yang lain Insya Allah rejeki dan kemudahan akan di limpahkan pada kita, dan dengan bekerjasama maka kita akan lebih kuat dan maju.”

Silahkan isi komentar anda di bawah ini :

komentar