NAMA P2MKP : SETUJU MEKAR JAYA
NAMA PENGELOLA : Ook Suherman
ALAMAT : Jl. H. Mawi RT 03 RW 01 Desa Waru Jaya Kec. Parung Kab. Bogor
TELP/HP/FAX/EMAIL : 081398774358 / 08170816957
USAHA PERIKANAN YANG DIKELOLA : Pembenihan, Pendederan dan Pembesaran Ikan Lele
KAPASITAS PRODUKSI : Skala produksi sekitar 1.200.000 ekor / bulan
PRESTASI :
  1. penghargaan bidang pengembangan budidaya ikan sawah oleh bupati Kab. Bogor pada 1989;
  2. penghargaan pengembangan minapadi dari bupati Kab. Bogor pada 1990;
  3. Penghargaan sebagai kelompok prestasi tingkat kabupaten Pada 2008;
  4. dinobatkan oleh Dinas Perikanan Kabupaten Bogor sebagai UPR berprestasi di tingkat Provinsi Jawa Barat pada 2009

Setuju Mekar Jaya adalah P2MKP dengan bidang usaha Perikanan budidaya ikan lele khususnya untuk Pembenihan, pendederan dan pembesaran ikan lele yang berlokasi di Ds. Babakan Kp. Babakan RT. 01/01 Ds. Babakan Kec. Ciseeng Kab. Bogor yang dikelola oleh Bp Ook Suherman.

Kawaasan Kec. Parung merupakan kawasan budidaya ikan lele, sepanjang jalan terlihat jelas banyaknya kolam ikan yang terhampar luas, sehingga tidak mengherankan apabila sebagian besar mata pencaharian masyarakat Kec. Parung adalah sebagai pembudidaya ikan. Salah seorang itu adalah bp. Ook. Suherman dengan kelompok Setuju Mekar Jaya.

Unit pembenihan rakyat (UPR) Lele Setuju Mekarjaya telah menorehkan segudang prestasi baik di tingkat lokal maupun nasional. Bermula dari coba-coba mengembangkan ikan Gurame, hingga akhirnya berkembang menjadi pusat pembenihan lele. Sampai ke sebuah gang kecil berukuran tiga meter, nampak bentangan poster bertuliskan UKM UPR Setuju Mekarjaya. Lima ratus meter menyisir gang yang terletak tak jauh dari Kantor Desa Warujaya itu, terlihat beberapa kolam tertata rapi dengan deretan pohon pisang tumbuh di tepi kolam.

Beberapa lelaki terlihat tengah membawa ember kemudian menuangkan isinya ke dalam kolam yang bertuliskan pembenihan. Lokasi tersebut adalah pusat pembenihan UPR Lele Setuju Mekarjaya yang sudah berdiri sejak 20 Juni 1978.

Memiliki hamparan kolam seluas 18,34 hektare sebagai lahan industri, UPR Lele Mekarjaya mengembangkan segala bentuk metode pembenihan. Berbagai kolam dibuat dengan sistem pembenihan yang tertata rapi.

Terdapat enam jenis kolam yang dioperasikan, di antaranya kolam induk, donor, penetasan, pedederan I, pendederan II dan pembesaran. Di kolam-kolam itulah, bisnis pembenihan lele dilakukan dalam jenjang waktu sekitar empat bulan dengan sekali panen. “Dulunya areal ini sebuah sawah Mas. Tapi karena bapak saya berlatar belakang perikanan, kemudian diputuskan beralih menjadi tempat bisnis ikan,” kata Ketua UPR Lele Setuju Mekarjaya Ook Suherman.

Pria jebolan Fakultas Hukum Universitas Ibhnu Khaldun (Uika) 1999 ini, mengaku lebih memilih meneruskan usaha ayahnya ketimbang menjadi pengacara, karena pesatnya industri perikanan di wilayah Parung. “Industri perikanan jelas lebih bonafide daripada pertanian. Terutama dilihat dari segi masa panennya, ikan lebih cepat,” ujarnya.

Kerja kerasnya mengembangkan bisnis pembenihan lele tidak siasia. Berbagai prestasi pernah ditorehkan UPR yang menggunakan jasa perbankan GMM (Gerakan Masyarakat Mandiri) dan KUR (Kredit Usaha Rakyat) ini.

Antara lain, penghargaan bidang pengembangan budidaya ikan sawah oleh bupati pada 1989, penghargaan pengembangan minapadi dari bupati pada 1990. Penghargaan sebagai kelompok prestasi tingkat kabupaten Pada 2008, dan dinobatkan oleh Dinas Perikanan Kabupaten Bogor sebagai UPR berprestasi di tingkat Provinsi Jawa Barat pada 2009.

Menyusul, pada tahun yang sama berhasil menyabet juara I lomba kinerja POKDAKAN UPR Lele Provinsi Jawa Barat, yang pengukuhannya dilakukan langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. “Kami mencoba membuktikan bahwa bisnis perikanan adalah salah satu usaha yang menguntungkan,.(*)

Latar belakang bp Ook Suherman menekuni usaha di bidang budidaya pembenihan, pendederan dan pembesara ikan lele menjadikan tempat usahanya sebagai Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP) dikarenakan ingin berbagi ilmu pengetahuan dan teknologi dan pengalaman kepada masyarakat lain yang membutuhkan terutama di sekitar usahanya. Upaya peningkatan SDM sudah dimulai sebelum kelompok Setuju Mekar Jaya dikukuhkan sebagai P2MKP yaitu melakukan penyuluhan kepada masyarakat sekitar tentang teknis budidaya, pembuatan pakan dan hama dan penyakit ikan. Selain hal tersebut Setuju Mekar Jaya juga mempunyai komitmen membantu program pemerintah dalam meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar dan tercapainya harapan pemerintah dibidang budidaya perikanan, juga rasa tanggung jawab berbuat kepada masyarakat.

Bpk. Ook Suherman sebagai pengelola P2MKP Setuju Mekar Jaya telah lama terjun dalam budidaya ikan lele sehingga beliau banyak diundang sebagai narasumber dalam berbagai kesempatan pelatihan khususnya di pelatihan budidaya ikan lele. Berdasarkan potensi tersebut maka keberadaan P2MKP Setuju Mekar Jaya sangat diperlukan, hampir semua sarana dan prasarana pelatihan telah miliki. Namun agar P2MKP Setuju Mekar Jaya lebih dapat berbagi pengetahuan kepada masyarakat yang lain, mengingat yang menginginkan pelatihan juga banyak yang berasal dari daerah lain dan jauh maka Setuju Mekar Jaya sedang berusaha menambah fasilitas penginapan dan sarana pelatihan untuk itu mohon dukungan berbagai pihak. Bp Ook Suherman yakin apabila dalam berusaha kita mau berbagi kepada yang lain Insya Allah rejeki dan kemudahan akan di limpahkan pada kita, Semoga bisa menjadi inspirasi dan bisa menjalin kerjasama yang lebih berguna bagi peningkatan kesejahteraan pembudidaya ikan (pedikan).

Silahkan isi komentar anda di bawah ini :

komentar