NAMA P2MKP : SUMBER MUKTI
NAMA PENGELOLA : Muhadi
ALAMAT : Jl. Raya Babelan No. 165 Kel. Kebalen RT 02 RW I Kec. Babelan Kab. Bekasi
TELP/HP/FAX/EMAIL : 085880914969 / 085261637015
USAHA PERIKANAN YANG DIKELOLA : Pembenihan dan Pembesaran Ikan Lele
KAPASITAS PRODUKSI : 1. Benih Ikan Lele : 50.000 – 100.000 / bulan

2. Ikan Lele Konsumsi : 200 kg / minggu

3. Pakan generik : 200 kg / hari

PRESTASI : Juara I Petani Perikanan berprestasi Kabupaten Bekasi tahun 2010. Sertifikat CBIB

Ikan lele merupakan keluarga catfish yang memiliki jenis yang sangat banyak, diantaranya lele sangkuriang, lele lokal, lele phyton, lele dumbo dan lain-lain. Berbudidaya ikan lele relatif lebih sederhana dan mudah, budidaya ikan lele dapat dilakukan melalui media terpal, kolam tanah, ataupun kolam beton. Oleh karena itu tidaklah mengherankan kalau banyak orang berbudidaya ikan lele, selain relatif lebih mudah dan sederhana ikan lele banyak digemari menjadi beraneka macam olahan.

Salah satu pembudidaya ikan lele adalah Kelompok Sumber Mukti yang berlokasi di Kelurahan Kebalen Rt 02 Rw 01, kecamatan Babelan kabupaten Bekasi dengan Bpk. Muhadi sebagai ketua pengelolanya. Latar belakang Kelompok Sumber Mukti menekuni usaha di bidang budidaya Ikan Lele menjadikan tempat usahanya sebagai Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP) dikarenakan ingin berbagi ilmu pengetahuan dan teknologi dan pengalaman kepada masyarakat lain yang membutuhkan terutama di sekitar usahanya.

Upaya peningkatan SDM di bidang budiaya perikanan sudah dimulai sebelum Sumber Mukti dikukuhkan sebagai P2MKP yaitu dengan banyak orang baik itu warga sekitar maupun mahasiswa untuk magang budidaya ikan lele, pakan, mengolah lahan budidaya, hama dan penyakit ikan lele. Selain hal tersebut Sumber Mukti juga mempunyai komitmen membantu program pemerintah dalam meningkatkan ekonomi kerakyatan dengan berusaha bekerja pada sektor perikanan budidaya, juga rasa tanggung jawab kepada masyarakat di sekitar untuk bias berkarya dan mendapat tambahan penghasilan dengan berusaha pada bidang budidaya ikan khususnya ikan lele.

Dengan telah ditetapkan kelompok Sumber Mukti sebagai Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP) pada tahun 2011, Bpk. Muhadi sebagai ketua pengelola berharap dapat menularkan ilmunya tentang budidaya ikan lele kepada orang lain sehingga akan terwujudnya masyarakat lebih sejahtera. Bp. Muhadi yakin apabila dalam berusaha kita mau berbagi kepada yang lain insyallah rejeki dan kemudahan akan dilimpahkan kedapa kita dan dengan bekerjasama maka kita akan lebih kuat dan mampu.

Silahkan isi komentar anda di bawah ini :

komentar