SWADAYA KENCANA adalah P2MKP dengan bidang usaha Budidaya Ikan Air Tawar khususnya budidaya ikan lele yang berlokasi di Bumi Rancaekek Kencana Blok VI Jl. Dahlia No. 151-152 Desa Rancaekek Wetan RT 09 RW 21 Kec. Rancaekek Kab. Bandung yang dikelola oleh Bp Hendy Ahmad. Berikut profil lengkapnya :

NAMA P2MKP : SWADAYA KENCANA
NAMA PENGELOLA : Hendy Ahmad
ALAMAT : Bumi Rancaekek Kencana Blok VI Jl. Dahlia No. 151-152 Desa Rancaekek Wetan RT 09 RW 21 Kec. Rancaekek Kab. Bandung
TELP/HP/FAX/EMAIL : 085220215653, sawadayakencana@yahoo.com
USAHA PERIKANAN YANG DIKELOLA : Budidaya Ikan Lele
KAPASITAS PRODUKSI :  –
PRESTASI :

Kebutuhan atau permintaan terhadap lele tidak pernah suruh, bahkan cenderung meningkat setiap tahunnya. Tingkat efisiensi investasi budidaya ikan lele ternyata lebih efisien disbanding usaha perikanan lainnya. Hal ini dikarenakan dapat menggunakan lahan marginal dan terpadu dengan sub sector atau sector lainnya seperti terpadu dengan peternakan ayam, puyuh dan lainnya dengan pemanfaatan secara efisien pada lahan yang tidak terpakai. Melihat potensi pasar yang cukup besar dalam hal permintaan serta berbagai peluang yang ada dan dalam segi pemasaran tidak terlalu sulit, kelompok Unit Pembenihan Rakyat (UPR) skala kecil budidaya lele Swadaya Kencana sudah bergerak pada tahun 2009 di bidang pemijahan, pembenihan, pemeliharaan benih dan proses pembesaran di dalam budidaya ikan lele. UPR Swadaya Kencana dibentuk pada tanggal 7 Juni 2009 dengan jumlah anggota kelompok berjumlah 9 orang dengan ketua kelompok bp. Hendy Ahmad. Dasar pembentukan UPR Swadaya Kencana adalah budidaya ikan lele termasuk investas yang cukup efisien tetapi menghasilkan keuntungan yang cukup besar, sampai dengan saat ini jumlah produksi di UPR Swadaya Kencana semakin meningkat, namun belum dapat memenuhi kebutuhan pasar yang semakin meningkat.

Latar belakang UPR Swadaya Kencana menekuni usaha di bidang perikanan budidaya ikan air tawar khususnya lele menjadikan tempat usahanya sebagai Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP) dikarenakan ingin berbagi ilmu pengetahuan dan teknologi dan pengalaman kepada masyarakat lain yang membutuhkan terutama di sekitar usahanya. Upaya peningkatan SDM sudah dimulai sebelum Swadaya Kencana dikukuhkan sebagai P2MKP yaitu melakukan penyuluhan kepada masyarakat sekitar tentang teknis budidaya, pembuatan pakan, hama dan penyakit ikan. Selain hal tersebut Swadaya Kencana juga mempunyai komitmen membantu program pemerintah dalam meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar dan tercapainya harapan pemerintah khususnya pemerintah provinsi Jawa Barat yaitu pencapaian target produksi perikanan provinsi Jawa Barat sebesar 20%, juga rasa tanggung jawab berbuat kepada masyarakat.

Keberadaan Swadaya Kencana dinilai masyarakat sangat bermanfaat, karena dapat menciptakan dan menyerap lapangan kerja baru bagi masyarakat setempat, ikut serta dalam pengembangan sector perikanan air tawar di kawasan Kab. Bandung dalam hal peningkatan produksi perikanan, pemanfaatan potensi lahan kosong yang tersedia dan tidak terpakai disekitar rumah untuk pemeliharaan, pendederan, pembenihan dan pemijahan lele dengan menggunakan system tebar padat benih. Bpk. Hendy Hidayat sebagai pengelola P2MKP Swadaya Kencana berharap dengan keberadaan Swadaya Kencana dapat menularkan kompetensi yang dimiliki kepada masyarakat lainnya yang ingin meniru kesuksesan dalam berbudidaya ikan lele, karena beliau berkeyakinan apabila dalam berusaha budidaya ikan mau berbagi kepada yang masyarakat lain sehingga masyarakat meniru kesuksesan kita, Insya Allah rejeki dan kemudahan akan di limpahkan pada kita, dan dengan bekerjasama maka kita akan lebih kuat dan maju.

Silahkan isi komentar anda di bawah ini :

komentar