TIGA DIVA adalah P2MKP dengan bidang usaha Pengolahan Hasil Perikanan (bandeng, udang, rumput laut, turunan surimi, mangrove), Budidaya Kepiting Soka, dan Lele. Berikut profil singkat tentang Tiga Diva :

NAMA P2MKP : TIGA DIVA
NAMA PENGELOLA : Ir. Adi Suseno, M.Si
ALAMAT : Perumahan Puri Surya Jaya Taman Paris Blok B1 No. 48, Dukuh Magersari RT 02 RW 11 Desa Gedangan Kec. Gedangan Kab. Sidoarjo
TELP/HP/FAX/EMAIL : (031) 8915419, 081231115587, 081553000535, tiga3diva@yahoo.com, tiga3diva@gmail.com
USAHA PERIKANAN YANG DIKELOLA : Pengolahan Hasil Perikanan (bandeng, udang, rumput laut, turunan surimi, mangrove), Budidaya Kepiting Soka, Lele
KAPASITAS PRODUKSI : Skala produksi utama untuk bandeng tanpa duri per bulan rata-rata 2000 kg, pada hari besar permintaan bandeng tanpa duri meningkat sampai 100%, sedangkan untuk produk yang lain hanya diversifikasi pengolahan hasil perikanan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.
PRESTASI :

Latar belakang Bpk. Ir. Adi Suseno, M.Si menekuni usaha di bidang Pengolahan Hasil Perikanan (bandeng, udang, rumput laut, turunan surimi, mangrove), Budidaya Kepiting Soka, Lele menjadikan tempat usahanya sebagai Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP) dikarenakan ingin berbagi ilmu pengetahuan dan teknologi dan pengalaman kepada masyarakat lain yang membutuhkan terutama di sekitar usahanya. Upaya peningkatan SDM sudah dimulai sebelum Tiga Diva dikukuhkan sebagai P2MKP yaitu melakukan penyuluhan dan pembinaan kepada masyarakat sekitar tentang teknis Pengolahan Hasil Perikanan (bandeng, udang, rumput laut, turunan surimi, mangrove), Budidaya Kepiting Soka, Lele. Selain hal tersebut Tiga Diva juga mempunyai komitmen membantu program pemerintah dalam meningkatkan ekonomi masyarakat dan tercapainya harapan pemerintah dibidang perikanan, juga rasa tanggung jawab berbuat kepada masyarakat.

Adapun basis usaha utama dari Tiga Diva adalah Pengolahan Hasil Perikanan (bandeng, udang, rumput laut, turunan surimi, mangrove), Budidaya Kepiting Soka, Lele. Produk utama dari Tiga Diva adalah Bandeng Tanpa Duri dengan skala produksi sekitar per bulan rata-rata 2000 kg, pada hari besar permintaan bandeng tanpa duri meningkat sampai 100%, sedangkan untuk produk yang lain hanya diversifikasi pengolahan hasil perikanan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, seperti bahan baku dari ikan (bakso, nugget, krupuk kalsium, otak-otak, presto, bandeng asap, crispy bandeng tanpa duri dll), untuk bahan baku dari rumput laut seperti dodol, sirup, premen selai dll. Selain dari bahan baku ikan dan rumput laut ada juga bahan baku dari mangrove seperti dodol, selai, sirup, brownis dll. Tiga Diva dibantu dengan 7 orang tenaga kerja berstatus tetap, sedangkan untuk tenaga kerja borongan / harian berjumlah antara 5 – 15 orang tergantung permintaan produksi. Modal awal sebagai investasi pembentukan Tiga Diva adalah sebesar Rp. 30.000.000 sedangkan untuk pendapatan per bulan untuk pemilik antara 3 – 5 juta per bulan dan untuk pegawai sekitar 1 – 1,5 juta per bulan.

Tiga Diva memiliki ruang belajar terdiri dari 3 (tiga) ruangan untuk pengantaran teori pelatihan dengan ukuran 15 m2 dan 6 m2 sedangkan untuk ruangan untuk proses produksi yang digunakan berukuran 42 m2. Ruangan proses ini selain digunakan untuk proses Bandeng Tanpa Duri juga digunakan untuk proses diversifikasi produk pengolahan hasil perikanan jadi tergantung kondisi kebutuhan pasar maupun pelatihan terbuat dari keramik dengan kemiringan lantai I persen, disamping lantai yang miring terdapat di selokan yang terbuat dari plesteran semen. Saluran pembuangan limbah tersebut juga dilengkapi bak control. Tempat ruang praktek tersebut idealnya digunakan untuk maksimal 15 orang. Peralatan usaha yang terdapat di Tiga Diva digunakan untuk proses bandeng tanpa duri dan untuk proses diversifikasi produk khususnya bakso dan nugget. Masyarakat yang ingin berlatih di P2MKP Tiga Diva terutama masyarakat yang jauh diberikan kemudahan dengan adanya penginapan dengan jumlah 2 kamar dengan ukuran 3,5 x 3,5 m2 milik pribadi yang merupakan bangunan menjadi satu kesatuan dengan proses produksi dengan kapasitas 10 orang. Frekuensi pelatihan di P2MKP Tiga Diva setiap tahunnya ada 1 – 5 kali. kompetensi bp Ir. Adi Suseno, M.Si sebagai pengelola P2MKP Tiga Diva tidak perlu diragukan lagi, karena selain sebagai pengelola P2MKP Tiga Diva, beliau juga sebagai seorang dosen senior di Akademi Perikanan Sidoarjo (APS). Selai itu beliau juga sering melatih di tempat lain seperti PT. Filip di Pasuruan, PT. Marindo dll. Berdasarkan latar belakang dan potensi usaha yang ada di Tiga Diva tersebut maka keberadaan P2MKP Tiga Diva di Kab. Sidoarjo sangat diperlukan dan sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar khususnya. Tiga Diva sangat berperan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan adanya penyediaan lapangan kerja bagi masyarakat sekitar, serta banyaknya permintaan untuk magang atau berlatih bahkan banyak dari masyarakat luar Kab. Sidoarjo.

Silahkan isi komentar anda di bawah ini :

komentar