TORANI FOOD adalah P2MKP dengan bidang usaha Pengolahan Bandeng Tanpa Duri yang berlokasi Jl. Jenderal Sudirman No. 73 RT 41 Kel. Gunung Bahagia Kec. Balikpapan Selatan Kota Balikpapan yang dikelola oleh Sundusing Madya.


NAMA P2MKP : TORANI FOOD
NAMA PENGELOLA : Sundusing Madya
ALAMAT : Jl. Jenderal Sudirman No. 73 RT 41 Kel. Gunung Bahagia Kec. Balikpapan Selatan Kota Balikpapan 
TELP/HP/FAX/EMAIL : 081346545444
USAHA PERIKANAN YANG DIKELOLA : Pengolahan Bandeng Tanpa Duri
KAPASITAS PRODUKSI : Produksi olahan bandeng tanpa duri 100 kg / hari
PRESTASI : Penghargaan dari Ditjen P2HP Kementerian Kelautan dan Perikanan


Ikan Bandeng merupakan jenis ikan yang mempunyai cita rasa yang khas, digemari banyak orang dan dikenal luas oleh masyarakat baik dalam maupun luar negeri. Pemanfaatan ikan bandeng selama ini diantaranya adalah dalam bentuk segar, presto, pindang dan asap. Namun banyaknya duri dalam daging ikan bandeng merupakan masalah yeng membuat sebagain masyarakat enggan mengkonsumsinya. Salah satu upaya untuk meningkatkan konsumsi bandeng adalah dengan membuang semua duri yang ada melalui penerapan teknologi yang rumit, tetapi memerlukan ketelitian dan ketelatenan yang cukup. Dari produk bandeng tanpa duri dapat dibuat diversifikasi olahan lainnya sehingga dapat meningkatkan daya jual dari produk bandeng tanpa duri.

Latar belakang Sundusing Madya menekuni usaha di bidang Pengolahan Bandeng Tanpa Duri menjadikan tempat usahanya sebagai Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP) dikarenakan ingin berbagi ilmu pengetahuan dan teknologi dan pengalaman kepada masyarakat lain yang membutuhkan terutama di sekitar usahanya. Upaya peningkatan SDM sudah dimulai sebelum TORANI FOOD dikukuhkan sebagai P2MKP yaitu melakukan penyuluhan dan pembinaan kepada masyarakat sekitar tentang teknis Pengolahan Hasil Perikanan. Selain hal tersebut TORANI FOOD juga mempunyai komitmen membantu program pemerintah dalam meningkatkan ekonomi masyarakat dan tercapainya harapan pemerintah dibidang perikanan, juga rasa tanggung jawab berbuat kepada masyarakat.

Adapun basis usaha utama dari TORANI FOOD adalah Pengolahan Bandeng Tanpa Duri dengan kapasitas produksi sekitar 100 kg / hari. Jumlah tenaga kerja TORANI FOOD berjumlah 8orang dengan pendapatan perbulan sebesar 15.000.000. Berdasarkan latar belakang dan potensi usaha yang ada di TORANI FOOD tersebut maka keberadaan P2MKP TORANI FOOD di Kab. Badung Bali sangat diperlukan dan sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar khususnya. TORANI FOOD sangat berperan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan adanya penyediaan lapangan kerja bagi masyarakat sekitar, serta banyaknya permintaan untuk magang atau berlatih bahkan banyak dari masyarakat luar Kota Balikpapan.

Oleh sebab itu, agar P2MKP TORANI FOOD lebih dapat berbagi pengetahuan kepada saudara-saudara yang lain, mengingat yang menginginkan pelatihan juga banyak yang berasal dari daerah lain dan jauh maka TORANI FOOD sedang berusaha menambah fasilitas penginapan, selain itu juga penambahan ruang kelas agar memuat banyak orang dan sarana pelatihan lainnya untuk itu mohon dukungan berbagai pihak. Bp. Sundusing Madya mengucapkan terima kasih kepada Badan Pengembangan SDM Kelautan dan Perikanan karena telah menetapkan TORANI FOOD menjadi Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP). Hal tersebut menambah kegiatan di TORANI FOOD selain kegiatan utama memproduksi Pengolahan Bandeng Tanpa Duri juga membuka pelatihan bagi masyarakat, pelajar, mahasiswa yang ingin berlatih di P2MKP TORANI FOOD, selain itu akan menambah mitra baru bagi P2MKP TORANI FOOD.

Silahkan isi komentar anda di bawah ini :

komentar