NAMA P2MKP : TUNAS MINA TERPADU
NAMA PENGELOLA : H.R. Suryadi
ALAMAT : Desa Pabuaran RT 05 RW 04 Kec. Kemang Kab. Bogor
TELP/HP/FAX/EMAIL : 081398224445
USAHA PERIKANAN YANG DIKELOLA : Budidaya Ikan Gurame
KAPASITAS PRODUKSI : Pendederan Ikan Gurame 45.000 / 2 bulan, pembesaran gurame 3 ton
PRESTASI : Usaha dari Tunas Mina Terpadu sering diliput olah majalah trobos dan tabloid lainnya


Tunas Mina Terpadu adalah P2MKP dengan bidang usaha budidaya Perikanan gurame (termasuk pendederan dan pembesaran ikan gurame) yang berlokasi di Desa Pabuaran RT 05 RW 04 Kec. Kemang Kab. Bogor dengan Bp. H.R. Suryadi sebagai ketua pengelolanya.

Latar belakang Bpk. H.R. Suryadi yang telah menekuni usaha di bidang budidaya gurame ini telah puluhan tahun lamanya dan telah banyak makan asam garam dalam berbudidaya gurame, sehingga tidakah heran Bpk. H.R. Suryadi faham betul seluk beluk dalam budidaya ikan gurame. Karena hal tersebut juga banyak dari masyarakat sekitar, maupun masyarakat luar daerah banyak yang belajar dan berlatih di Tunas Mina Terpadu. Bahkan tempat bpk. H.R. Suryadi sering dijadikan tempat magang oleh mahasiswa IPB maupun dari Perguruan Tinggi lainnya. Selain itu kepandaian bpk. Suryadi dalam berbudidaya ikan gurame menjadikannya narasumber dalam berbagai kegiatan pelatihan di bidang budidaya perikanan.

Berdasarkan latar belakang dari Tunas Mina Terpadu tersebut menjadikan tempat usahanya sebagai Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP) dikarenakan keinginan dari Bpk. H.R. Suryadi berbagi ilmu pengetahuan dan teknologi dan pengalaman kepada masyarakat lain yang membutuhkan terutama di sekitar usahanya dan masyarakat lainnya. Upaya peningkatan SDM sudah dimulai sebelum Tunas Mina Terpadu dikukuhkan sebagai P2MKP yaitu melakukan penyuluhan kepada masyarakat sekitar tentang teknis budidaya, pembuatan pakan dan hama penyakit. Selain hal tersebut Tunas Mina Terpadu juga mempunyai komitmen membantu program pemerintah dalam meningkatkan ekonomi masyarakat dan tercapainya harapan pemerintah dibidang perikanan, juga rasa tanggung jawab berbuat kepada masyarakat. Adapun basis usaha Tunas Mina Terpadu yaitu pendederan dan pembesaran ikan gurame.

Keberadaan P2MKP Tunas Mina Terpadu di Desa Pabuaran RT 05 RW 04 Kec. Kemang Kab. Bogor sangat diperlukan, hampir semua sarana dan prasarana pelatihan telah Tunas Mina Terpadu miliki. Bp H.R. Suryadi yakin apabila dalam berusaha kita mau berbagi ilmu kepada orang lain Insya Allah rejeki dan kemudahan akan di limpahkan pada kita, dan dengan bekerjasama dan bersatu maka kita akan lebih kuat dan maju

Silahkan isi komentar anda di bawah ini :

komentar