UTAMI 2 adalah P2MKP dengan bidang usaha Pembenihan Ikan lele yang berlokasi Dusun Mijen RT 03 RW 02 Desa Depok Kec. Kalibawang Kab. Wonosobo yang dikelola oleh bp. Suprihadi. Berikut profil lengkapnya :

NAMA P2MKP : UTAMI 2
NAMA PENGELOLA : Suprihadi
ALAMAT : Dusun Mijen RT 03 RW 02 Desa Depok Kec. Kalibawang Kab. Wonosobo
TELP/HP/FAX/EMAIL : 081328083338
USAHA PERIKANAN YANG DIKELOLA : Pembenihan Ikan Lele
KAPASITAS PRODUKSI : Skala produksi benih lele sekitar 200.000 ekor / 3 bulan
PRESTASI :

Latar belakang Bp. Suprihadi menekuni usaha di bidang perikanan dan menjadikan tempat usahanya sebagai Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP) dikarenakan ingin berbagi ilmu pengetahuan dan teknologi dan pengalaman kepada masyarakat lain yang membutuhkan terutama di sekitar usahanya. Upaya peningkatan SDM petani sudah dimulai sebelum Utami 2 dikukuhkan sbagai P2MKP yaitu melakukan penyuluhan kepada petani sekitar tentang teknis budidaya, khususnya pembenihan, pendederan dan pembesaran ikan lele. Selain hal tersebut Utami 2 juga mempunyai komitmen membantu program pemerintah dalam meningkatkan ekonomi masyarakat dan tercapainya harapan pemerintah dibidang perikanan, juga rasa tanggung jawab berbuat kepada masyarakat. Hal ini dapat dibuktikan sekarang dengan berkurangnya angka pengangguran di desa Utami 2 ini dapat dirasakan karena banyak pengangguran yang mau menekuni budidaya ikan lele di desa Mijen dan sekitarnya.

Adapun basis usaha Utami 2 yaitu Pembenihan ikan lele, jumlah pembenihan 3 unit dengan kapasitas produksi 300.000 ekor/ bulan, Pendederan ikan lele dilakukan sebagai tindak lanjut dari usaha pembenihan yang telah dilaksanakan, Pembesaran ikan lele, jumlah kolam 84 unit dengan total luas kolam 875 m2 dan kapasitas produksi 3,645 ton/ bulan. Kawasan Utami 2 merupakan sentra budidaya ikan lele yang cukup berkembang pesat di Kecamatan Kalibawang, Wonosobo mengingat kondisi alam dan geografis desa tempat Utami 2 berada.

Dilihat dari letak geografis Desa Depok dan sekitarnya tidak memungkinkan untuk menjadi basis salah satu hasil pertanian karena sebagian besar petani lahan pertaniannya sangat sempit dibanding dengan desa yang lain. Untuk menyiasati kurangnya penghasilan dari lahan pertaniannya maka sebagian anggota Kelompok Tani “Tirta Mina“ berusaha memanfaatkan lahan atau halaman yang ada di sekitar rumah tempat tinggal untuk budidaya ikan lele. Ikan lele dipilih karena tidak membutuhkan air deras yang memang tidak tersedia di sekitar Desa Depok.

Berdasarkan potensi tersebut maka keberadaan P2MKP Utami 2 sangat diperlukan, walaupun sarana dan prasarana pelatihan belum Utami 2 miliki. Namun agar P2MKP Utami lebih dapat berbagi pengetahuan kepada saudara-saudara yang lain, mengingat yang menginginkan pelatihan juga banyak yang berasal dari daerah lain maka Utami 2 sedang berusaha mencari dukungan modal dan fasilitas dari pihak pemerintahan desa, kecamatan dan kabupaten.

Silahkan isi komentar anda di bawah ini :

komentar