NAMA P2MKP : WINNER PERKASA INDONESIA UNGGUL
NAMA PENGELOLA : Maria Gigih Sandhi
ALAMAT : Jl. Sawangan Permai Raya No. 50 Ds. Sawangan Baru Rt. 02 Rw. 09 Kota Depok Jawa Barat 16511
TELP/HP/FAX/EMAIL : 021-37254001, 081807458169 dan winnerperkasaindonesiaunggul@yahoo.com
USAHA PERIKANAN YANG DIKELOLA : Pengolahan Rumput Laut
KAPASITAS PRODUKSI : Produksi pengolahan rumput laut sebesar 1500 pcs / hari
PRESTASI :

Depok merupakan daerah penyangga ibukota Daerah Khusus Istimewa Jakarta merupakan daerah administratif. Seperti diketahui, bahwa Depok merupakan daerah yang tidak memiliki kawasan laut akan tetapi sangat potensi di bidang perikanan khususnya perikanan budidaya. Akan tetapi salah satu P2MKP yaitu Winner Perkasa Indonesia Unggul yang telah ditetapkan oleh Pusat Pelatihan Kelautan dan Perikanan yang berdomisili di Depok telah mampu mengolah berbagai macam olahan dengan bahan baku rumput laut yang notabanenya hidup di laut. Hal tersebut dikarenakan pengelola P2MKP tersebut memiliki kompetensi yang baik dalam pengolahan rumput laut serta dapat membuka jaringan kepada berbagai pihak.

Latar belakang Ibu Maria Gigih Shandi menekuni usaha di bidang perikanan dan menjadikan tempat usahanya sebagai Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP) dikarenakan ingin berbagi ilmu pengetahuan dan teknologi dan pengalaman kepada masyarakat lain yang membutuhkan terutama di sekitar usahanya. Upaya peningkatan SDM petani sudah dimulai sebelum Winner Perkasa Indonesia Unggul dikukuhkan sebagai P2MKP yaitu melakukan penyuluhan kepada masyarakat sekitar tentang teknis pengolahan rumput laut, mengadakan pelatihan bekerjasama dengan pihak sponsor dan Balai Pelatihan maupun Universitas. Selain hal tersebut Winner Perkasa Indonesia Unggul juga mempunyai komitmen membantu program pemerintah dalam meningkatkan ekonomi masyarakat dan tercapainya harapan pemerintah dibidang perikanan, juga rasa tanggung jawab berbuat kepada masyarakat. Adapun basis usaha Winner Perkasa Indonesia Unggul adalah berbagai macam olahan rumput laut sirup, dodol, agar-agar, rumput laut siap olah, selai, jus dan berbagai jenis olahan rumput laut lainnya dengan merk dagang Katoni dan Winner. Produk – produk P2MKP Winner Perkasa Indonesia Unggul sudah banyak tersedia di supermarket. P2MKP Winner Perkasa Indonesia Unggul memulai usaha pada tahun 1994 – 1995 dengan jumlah kelompok sebanyak 12 KUB dan dibantu oleh 22 orang tenaga kerja. Selain menerima masyarakat yang ingin berlatih di P2MKP Winner Perkasa Indonesia Unggul, Ibu Maria Gigih Shandi juga sering menerima permintaan pelatihan pengolahan rumput laut dari berbagai daerah seperti Minahasa Utara, Sukabumi, Palu, Tabanan, Makassar, Manado, Palangkaraya, Bontang, Fakfak, Majene Jakarta, Luwu Banggai serta luar negeri seperti Fiji.

P2MKP Winner Perkasa Indonesia Unggul mempunyai visi dan misi Mensejahterakan masyarakat sekitar melalui pemberdayaan lingkungan, mendukung program industrialisasi KP, melahirkan wira usaha baru. Berdasarkan visi dan misi tersebut, keberadaan P2MKP Winner Perkasa Indonesia Unggul sangat diperlukan oleh masyarakat sekitar, hampir semua sarana dan prasarana pelatihan telah dimiliki.

Winner Perkasa Indonesia Unggul mengucapkan terima kasih kepada Pusat Pelatihan Kelautan dan Perikanan Badan Pengembangan SDM KP telah ditetapkannya Winner Perkasa Indonesia Unggul sebagai Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP). Dengan kepercayaan pemerintah ini diharapkan akan tumbuh pengolah rumput laut baru lebih banyak lagi, khususnya masyarakat yang ingin belajar namun adanya keterbatasan dana buat berlatih, dengan demikian akan mengurangi angka pengangguran dan menaikkan tarap hidup masyarakat, lebih jauh diharapkan akan bermunculan mitra kerja baru bagi P2MKP Winner Perkasa Indonesia Unggul.

Dokumentasi :

Silahkan isi komentar anda di bawah ini :

komentar