NAMA P2MKP : CIPTA  SEJAHTERA  AGRO
NAMA PENGELOLA : Ir. H. Teuku Azhari
ALAMAT : Komp. Baru RT 04 RW 02 Kel. Cihowe Ciseeng Parung Kab. Bogor  Pembudidayaan : Jl. Komp. Baru Kp. Cibentang Kel. Cibentang Kec. Ciseeng Kab. Bogor
TELP/HP/FAX/EMAIL : 08159900953
USAHA PERIKANAN YANG DIKELOLA : Budidaya Ikan Gurame, Lele, Nila, Mas dan Tawes, Pembuatan Pakan Ikan
KAPASITAS PRODUKSI : Produksi ikan konsumsi sekitar 1 ton / 3 bulan
PRESTASI :  

Cipta Sejahtera Agro adalah P2MKP dengan bidang usaha Perikanan budidaya ikan air tawar khususnya untuk ikan gurame, lele, nila, tawes dan mas yang berlokasi di Komp. Baru RT 04 RW 02 Kel. Cihowe Ciseeng Parung Kab. Bogor Pembudidayaan : Jl. Komp. Baru Kp. Cibentang Kel. Cibentang Kec. Ciseeng Kab. Bogor yang dikelola oleh Bp Ir. H. Teuku Azhari.

Kawasan Desa Ciseeng merupakan termasuk daerah minapolitan perikanan budidaya, hal tergambarkan dari kenyataan yang ada sepanjang jalan desa ciseeng terutama desa babakan sebagaian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai pembudidaya ikan terutama lele, sehingga desa babakan juga dikenal juga dengan desa lele. Salah satu diantara penduduk desa babakan kec. Ciseeng tersebut adalah Bpk. Bp Ir. H. Teuku Azhari yang melakoni usaha budidaya ikan air tawar telah lama. Latar belakang Bp Ir. H. Teuku Azhari menekuni usaha di bidang perikanan dan menjadikan tempat usahanya sebagai Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP) dikarenakan ingin berbagi ilmu pengetahuan dan teknologi dan pengalaman kepada masyarakat lain yang membutuhkan terutama di sekitar usahanya. Upaya peningkatan SDM sudah dimulai sebelum Cipta Sejahtera Agro dikukuhkan sebagai P2MKP yaitu melakukan penyuluhan kepada masyarakat sekitar tentang teknis budidaya, pembuatan pakan dan hama dan penyakit ikan. Selain hal tersebut Cipta Sejahtera Agro juga mempunyai komitmen membantu program pemerintah dalam meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar dan tercapainya harapan pemerintah dibidang budidaya perikanan, juga rasa tanggung jawab berbuat kepada masyarakat.

Bermula dari kelompok budidaya ikan tradisional lalu berkembang dan dikukuhkan menjadi Unit Desa Cibentang. Dalam perjalanannya UD Cibentang mengalami perombakan manajemen dan pergantian nama menjadi Kelompok Usaha Budidaya (KUB) Cipta Sejahtera Agro yang bergerak dibidang produksi, pemasaran, dan pelatihan perikanan. Basis usaha dari P2MKP Cipta Sejahtera Agro adalah Budidaya Ikan Gurame, Lele, Nila, Mas dan Tawes, Pembuatan Pakan Ikan dengan skala produksi sekitar 1 ton / 3 bulan. Selain ikan konsumsi P2MKP Cipta Sejahtera Agro menyediakan ikan hias (koi, diskus, koki, cardinal tetra, neon tetra, red nose, platidoras, corydoras, botia, rasbora, udang hias (shrimp), angel fish, platis, stenopoma, dan lain-lain) dan tanaman hias (anubias, black amazon, moss, richia, cabomba, dan lain-lain).

P2MKP Cipta Sejahtera Agro sering dijadikan tempat magang dan praktek kerja bagi mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB), selain itu juga banyak masyarakat yang dating untuk berkonsultasi mengenai pengembangan akuakultur. Bp Ir. H. Teuku Azhri sebagai pengelola P2MKP Cipta Sejahtera Agro berharap dengan keberadaan Cipta Sejahtera Agro ditengah-tengah masyarakat dapat menularkan kompetensi yang dimiliki kepada masyarakat lainnya yang ingin meniru kesuksesan dalam berbudidaya ikan air tawar khususnya Budidaya Ikan Gurame, Lele, Nila, Mas dan Tawes, Pembuatan Pakan Ikan, sehingga akan mengatasi penangguran yang pada akhirnya meningkatnya kesejahteraan masyarakat.

Silahkan isi komentar anda di bawah ini :

komentar