NAMA P2MKP : DOLPHIN  FARM
NAMA PENGELOLA : Ril Efrijon
ALAMAT : Jl. Hasanuddin Belakang No. 83 RT 02 RW 03 Kel. Rintis Kec. Lima Puluh Kota Pekanbaru
TELP/HP/FAX/EMAIL : (0761) 7049563 / 0816370163
USAHA PERIKANAN YANG DIKELOLA : Pembenihan Patin, Pembesaran Patin, Pembesaran Lele, Pembenihan Bawal
KAPASITAS PRODUKSI :
  1. Pembenihan Ikan Patin 400 – 500 ribu / bulan
  2. Pembenihan Ikan Lele 200 – 500 ribu / bulan
  3. Pembesaran Ikan Lele 25.000 / bulan
  4. Pembenihan Ikan Baung (tergantung permintaan)
PRESTASI :

Dolphin Farm bergerak dalam usaha Pembenihan dan Pembudidayaan ikan air tawar, khususnya pada pembenihan ikan Patin, Lele, dan Baung. Dengan tujuan untuk dapat menyediakan kebutuhan akan benih ikan bagi petani pembesaran secara berkesinambungan baik kualitas maupun kwantitas. Dalam perkembangan selanjutnya juga melaksanakan pengembangan pembenihan pada beragam jenis ikan konsumsi air tawar lainnya (seperti bawal, gurami, mas, nila). Dolphin Farm mempunyai 2 lokasi usaha, untuk lokasi pembenihan (hatchery) berlokasi di jalan Hasanuddin belakang no. 83, pekanbaru, dan lokasi pendederan dan pembesaran di jalan Sidodadi tangkerang, pekanbaru. Dan dilokasi ini juga akan digunakan sebagai tempat Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP) yang sekarang dalam persiapan lahan. Dolphin Farm dikelola oleh Bpk Ril Efrison dan Bpk Suhendra, tenaga kerja yang dipekerjakan berjumlah 5 orang dengan rincian 2 orang dilokasi Hatchery, 2 orang di lokasi pendederan dan 1 orang tenaga tidak tetap.Jumlah rata-rata produksi untuk benih patin 400.000-500.000 ekor/siklus(21 hari),dan untuk lele 200.000/bulan. Latar belakang Dolphin Farm menekuni usaha dibidang perikanan dan menjadikan tempat usaha sebagai Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP) adalah ingin berbagi ilmu dan teknologi serta pengalaman dalam bidang pembenihan kepada masyarakat lainnya yang ingin menekuni usaha dibidang pembenihan untuk dapat menghasilkan benih ikan yang baik dan berkualitas.

Sebelum Dolphin Farm dikukuhkan sebagai P2MKP, Dolphin Farm telah melakukan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) bagi masyarakat dengan memberikan pelatihan di bidang pembenihan, dan bekerja sama dengan Dinas Pertanian Kota Pekanbaru di bidang Perikanan, dengan memberikan bantuan benih dan pakan kepada masyarakat kurang mampu sesuai dengan program pemerintah untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat. Dan juga membantu memberikan bimbingan kepada mahasiswa perikanan semester akhir dalam penelitian untuk penyusunan skripsi. Setelah Dolphin Farm dikukuhkan sebagai P2MKP,telah melaksanakan kegiatan pelatihan bekerjasama dengan BP3 (Balai Pendidikan dan Pelatihan Perikanan).

Budidaya perikanan di riau merupakan salah satu sub-sektor yang sangat potensial, ini dapat dilihat dari meningkatnya jumlah masyarakat yang berusaha di bidang pembesaran ikan. Dengan itu diperlukan benih ikan yang berkesinambungan baik kualitas maupun kuantitas. Berdasarkan potensi yang ada dengan keberadaan P2MKP, Dolphin farm sangat diperlukan untuk dapat memberikan pelatihan kepada masyarakat menjadi pembenih ikan yang dapat menyediakan benih ikan berkualitas yang dibutuhkan oleh petani pembesaran. Saat ini Dolphin Farm telah menyediakan lahan untuk kegiatan P2MKP yang sekarang dalam tahap persiapan dan penimbunan lahan. Untuk membangun sarana dan prasarana pelatihan tentu membutuhkan dana yang tidak sedikit, untuk itu kami membutuhkan bantuan dan dukungan dari berbagai pihak. Dolphin Farm meyakini bahwa setiap ilmu yang kita bagi bermanfaat bagi orang lain, maka Allah akan melimpahkan rahmat dan rezekinya kepada kita amin.

Semoga P2MKP Dolphin Farm bisa terus menyediakan dan meningkatkan benih ikan yang baik dan berkualitas, sehingga dapat memenuhi kebutuhan benih secara berkesinambungan bagi kegiatan budidaya yang dilakukan oleh petani ikan.

Silahkan isi komentar anda di bawah ini :

komentar