NAMA P2MKP
: KERSA MULYA BAKTI
NAMA PENGELOLA : Suganda
ALAMAT : Jl. Sunan Gunung Jati RT 01 RW 10 Desa Kertasura Kec. Kapetakan Kab. Cirebon
TELP/HP/FAX/EMAIL : 08122320472
USAHA PERIKANAN YANG DIKELOLA : Pembenihan dan Pembesaran Ikan Lele
KAPASITAS PRODUKSI : Jumlah anggota kelompok 28 orang dengan produksi ikan lele konsumsi sebanyak 1,5 ton / hari
PRESTASI : Kelompok Budidaya Ikan terbaik tingkat Jawa Barat th. 2008

Kersa Mulya Bakti adalah P2MKP yang bergerak dibidang usaha budidaya pembenihan dan pembesaran ikan lele (lele konsumsi) yang berlokasi Jl. Sunan Gunung Jati RT 01 RW 10 Desa Kertasura Kec. Kapetakan Kab. Cirebon yang dikelola oleh Bpk. Suganda. P2MKP Kersa Mulya Bakti memiliki luas lahan sekitar 15 Ha terdiri dari 132 petak kolam dan hatchery. Usaha yang dijalankan oleh bp. Suganda telah lama dijalankan, sehingga menjadi rujukan bagi masyarakat sekitar untuk menjalankan usaha budidaya ikan lele. Jumlah anggota kelompok yang ada sekitar 28 orang dengan produksi ikan lele konsumsi sekitar 1,5 – 2 ton / hari. Lokasi usaha budidaya ikan lele Kersa Mulya Bakti sering juga menjadi tempat pelatihan yang dilaksanakan oleh Dinas KP Kab. Cirebon, BP4K Kab. Cirebon dan pada tahun 2009 Pusat Pelatihan Kelautan dan Perikanan pernah juga mengadakan pelatihan budidaya ikan lele bagi masyarakat Kab. Cirebon. Pada awalnya usaha yang dijalankan oleh Kersa Mulya Bakti hanya berfokus pada pembesaran ikan lele, namun setelah ada kegiatan pelatihan dari Pusat Pelatihan Kelautan dan Perikanan, usaha yang dijalankan tidak hanya pembesaran melainkan telah melakukan pembenihan ikan lele begitu pula dibangun sebuah hatchery.

Latar belakang bp Suganda menekuni usaha di bidang budidaya ikan lele menjadikan tempat usahanya sebagai Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP) dikarenakan ingin berbagi ilmu pengetahuan dan teknologi dan pengalaman kepada masyarakat lain yang membutuhkan terutama di sekitar usahanya. Upaya peningkatan SDM sudah dimulai sebelum Kersa Mulya Bakti dikukuhkan sbagai P2MKP yaitu melakukan penyuluhan kepada masyarakat sekitar tentang teknis budidaya, pembuatan pakan dan hama penyakit ikan. Selain hal tersebut Kersa Mulya Bakti juga mempunyai komitmen membantu program pemerintah dalam meningkatkan ekonomi masyarakat dan tercapainya harapan pemerintah dibidang perikanan, juga rasa tanggung jawab berbuat kepada masyarakat.

Berdasarkan potensi dan pengalamannya dalam menjalankan usaha budidaya ikan lele tersebut maka keberadaan P2MKP Kersa Mulya Bakti sangat diperlukan, hampir semua sarana dan prasarana pelatihan telah Kersa Mulya Bakti miliki. Namun agar P2MKP Kersa Mulya Bakti lebih dapat berbagi pengetahuan kepada saudara-saudara yang lain, mengingat yang menginginkan pelatihan juga banyak yang berasal dari daerah lain dan jauh maka Kersa Mulya Bakti sedang berusaha menambah fasilitas penginapan dan sarana pelatihan untuk itu mohon dukungan berbagai pihak. Kersa Mulya Bakti mengucapkan Terima Kasih yang sebesar-besarnya kepada Kepala Badan Pengembangan SDM KP yang telah menetapkan Kersa Mulya Bakti sebagai Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP).

Silahkan isi komentar anda di bawah ini :

komentar