Nama P2MKP : MINA JAYA
Pengelola : Jarot Cahyono
Alamat : Nologaten RT 02 RW 04 No. 42 B Depok Kab. Sleman Kadipolo, Desa Sendangtirto Kec. Berbah Kab. Sleman
Kontak : 08122772581
Bidang : Pembenihan dan Pembesaran Udang Galah
KAPASITAS PRODUKSI : Data Produksi pada tahun 2008 Luas Lahan 31.585 dengan jumlah produksi komoditas udang galah 7.655 kg, Tokolan 342.000 ekor, nila 925 kg, bawal 810 kg.
PRESTASI : Juara I Lomba Kelompok Pembudidaya Udang tingkat Provinsi DIY pada tahun 2006

Pada hakekatnya masyarakat Pedukuhan Kadipolo sudah lama gemar memelihara ikan. Di tanah sawah mereka memelihara ikan sekaligus menanam padi. Hal ini sering dikenal dengan nama Mina Padi. Memasuki awal tahun 2000 masyarakat dusun Kadipolo yang tergabung dalam KPI Mina Jaya terus berupaya mencari bentuk usaha budidaya ikan yang benar-benar menguntungkan. Pada akhirnya para anggota KPI Mina Jaya mulai tahun 2000 mencoba mengelola Udang Galah hingga saat sekarang ini. Sudah sekitar sebelas tahun KPI Mina Jaya melakukan Budidaya Udang Galah. Pada saat ini (2012) anggota KPI Mina Jaya sebanyak 29 orang.

pengurus di KPI mina Jaya melihat ada nya peluang pasar yang sangat besar untuk permintaan udang galah. Hal ini disebabkan karena wilayah Yogyakarta memiliki banyak sekali rumah makan ikan air tawar untuk memenuhi kebutuhan wisatawan.

Oleh karena itu saya mengajak anggota kelompok kususnya, dan masyarakat sekitar pada umumnya untuk lebih serius lagi dalam membudidaya udang galah dalam rangka memenuhi permintaan pasar yang sangat besar. Sehingga di lokasi budidaya kami sering kedatangan tamu yang bertujuan ingin belajar bagaimana budidaya udang galah yang baik.

Harapan Mina Jaya dengan semakin banyaknya pembudidaya udang galah, maka :

  1. Mengangkat ekonomi masyarakat Dusun Kadipolo dan sekitarnya, khususnya mereka yang tergabung dalam kelompok, meningkatkan kualitas dan kuantitas produk ikan (udang galah), memberi kemudahan pada anggota dalam memasarkan hasil perikanan, menumbuh kembangkan potensi perikanan di Dusun Kadipolo dan sekitarnya;
  2. Meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan baik anggota maupun masyarakat.

KPI Mina Jaya hingga saat ini memiliki lahan seluas 41.585 M2. (4,2 ha) terdiri dari tanah lungguh dukuh, tanah kas desa dan tanah milik perorangan yang sebagian besar menyewa. Pada saat ini kegiatan usaha budidaya udang galah yang kami lakukan yaitu :

  1. Pembenihan Udang Galah ( 40 hari), siap ditebar sendiri dan dipasarkan.
  2. Pendederan Udang Galah ( selama 2 bulan ) siap ditebar sendiri dan dipasarkan.
  3. Pembesaran Udang Galah ( selama 3-4 bulan) dan siap dipasarkan.

Beberapa kegiatan pelatihan yang sudah kami lakukan :

  1. Mengadakan pelatihan budidaya udang galah secara rutin satu bulan sekali bekerja sama dengan Lembaga Pengkajian Agribisnis Strategis dan Perkumpulan Masyarakat Perikanan Nusantara.
  2. Narasumber dalam Temu Bisnis Udang Galah dan Seminar Tahunan III Hasil Penelitian Perikanan dan Kelautan di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta pada tanggal 26-27 Juli 2006.
  3. Narasumber dalam acara Temu Lapang Propekan Udang Galah dan Lobster Air Tawar di UK BAP Samas Yogyakarta, tanggal 24 November 2007.
  4. Narasumber dalam acara Pembekalan Bagi Pra Purna Tugas PT Cevron Balikpapan pada bulan April dan Mei 2009.
  5. Sebagai tempat studi banding bagi PPL Swadaya Tingkat Nasional pada Mei 2009.
  6. Sebagai tempat studi banding bagi POKDAKAN se- Propinsi Bali pada Juni 2009.
  7. Sebagai tempat untuk Praktek Kerja Lapangan dan Penelitian Tugas Akhir oleh mahasiswa dari UGM, UMY, STP, IPB dan UNDIP.
  8. Dengan Stasiun Televisi (Jogja TV dan Trans 7) dalam hal memberikan informasi kepada masyarakat mengenai teknik dan peluang usaha budidaya udang galah.
  9. Dengan Media Cetak (Kedaulatan Rakyat, Suara Merdeka dan Majalah Trobos) dalam hal memberikan informasi mengenai budidaya udang galah.
  10. Menerima berbagai kunjungan baik perorangan maupun kelompok yang bertujuan untuk mempelajari cara budidaya udang galah.

Silahkan isi komentar anda di bawah ini :

komentar