NAMA P2MKP : MAWAS
NAMA PENGELOLA : Damanhuri
ALAMAT : Jl. Manukan Wasono VI No. 4, Manukan RT 10 RW 08 Desa Tandes Kec. Tandes Kab. Surabaya
TELP/HP/FAX/EMAIL : 031-7406095, 08123569873, mawas.seaweed@yahoo.com
USAHA PERIKANAN YANG DIKELOLA : Pengolahan Rumput Laut
KAPASITAS PRODUKSI :
PRESTASI : Juara Nasional Pembudidaya Rumput Laut

UD. Mawas (MW) adalah P2MKP dengan bidang usaha perikanan terpadu yang berlokasi Jl. Manukan Wasono VI No. 4, Manukan RT 10 RW 08 Desa Tandes Kec. Tandes Kab. Surabaya provinsi jawa timur yang dikelola oleh Bp. Damanhuri CHCM

damanhuriLatar belakang Bp. Damanhuri menekuni usaha dibidang perikanan dan menjadikan tempat usaha sebagai pusat pelatihan mandiri kelautan dan perikanan (P2MKP) dikarenakan ingin berbagi ilmu pengetahuan dan teknologi dan pengalaman kepada masyarakat lain yang membutuhkan, terutama disekitar usahanya. Upaya meningkatkan SDM petani sudah dimulai sebelum MW dikukuhkan sebagai P2MKP yaitu melakukan penyuluhan kepada petani sekitar tentang teknis budidaya, membuat pengolahan dan aneka minuman rumput laut termasuk bagaimana cara mendapatkan perlatan pengolahan dan penambahan modal bagi UMKM kelautan dan perikanan untuk mendapatkan modal bekerjasama dengan pihak beberapa perguruan tinggi seperti ITS, Unair, Hang Tuah, UNESA dan beberapa BUMN seperti PLN, Pertamina, Perum Pelabuhan. Hal tersebut dilakukan karena komitmen membantu program pemerintah dalam meningkatkan ekonomi masyarakat dan tercapainya harapan pemerintah dibidang perikanan, juga rasa tanggung jawab berbuat kepada masyarakat. Hal ini dapat dibuktikan sekarang dengan berkurangnya kemiskinan di desa manukan kulon kecamatan tandes yang sebelumnya 35 % pada saat ini tinggal 3 % yang masih miskin.

Adapun basis usaha MW yaitu di kelurahan manukan kulon kecamatan tandes yang basis utamanya :

  1. Pembinaan budidaya rumput laut tambak (gracillaria) dan teknologi budidaya rumput laut jenis E. Cottonii dan Spinosum.
  2. Pembinaan pengolahan aneka macam makanan dari rumput laut dan minuman dari rumput laut juga telah mendapatkan sertifikat dari JEIKA Jepang.
  3. Menyediakan peralatan pengolahan rumput laut berupa mesin aduk, mesin blender, sealer, dan oven dengan kapasitas sesuai yang dikehendaki. Peralatan tersebut sudah banyak digunakan di pulau jawa, Sulawesi dan Indonesia timur.
  4. Dibidang pengolahan antara lain : dodol rumput laut, jelly kering rumput laut, jenang rumput laut, krispi ruteng (dari rumput laut dan tengiri), krupuk rumput laut.

Kawasan Mawas merupakan sentra industri pengolahan termasuk pengolahan bidang perikanan dan pengolahan yang hasil produksinya dapat dimanfaatkan kota Surabaya dan sekitarnya sampai jawa tengah dan jawa barat.

Usaha Mawas tersebut banyak didukung oleh Dinas Perikanan dan Kelautan profinsi jawa timur, Dinas Pertanian jawa timur, Bank Jatim, Bank BRI.

Selain potensi tersebut diatas, Surabaya punya potensi wisata yang notabene sangat erat hubunganannya dengan hasil olahan rumput laut terutama disepanjang wisata jembatan suramadu Surabaya, pantai kenjeran, disekitar wisata lapindo dan beberapa toko oleh-oleh untuk para wisatawan.

Selain potensi tersebut kota Surabaya khususnya jawa timur umumnya merupakan produk makanan berbasis UKM yang terbesar di seluruh Indonesia.

Berdasarkan potensi tersebut maka keberadaan P2MKP Mawas di kota Surabaya sangat diperlukan hamper semua sarana dan prasarana dan pelatihan telah Mawas miliki. Namun agar P2MKP Mawas dapat berbagai pengetahuan kepada saudara-saudara yang lain. Mengingat yang menginginkan potensi juga banyak yang berasal dari daerah lain dan jauh, maka Mawas sedang berusaha menambah fasilitas penginapan dan sarana pelatihan untuk itu mohon dukungan berbagai pihak, baik swasta maupun dari lembaga pemerintah guna membangun meningkatkan industry perikanan yang pada akhirnya akan mensejahterakan masyarakat.


PRODUK  UD. MAWAS

Cocktail Rumput Laut :

 

Dodol Rumput Laut :

 

Jelly Kering Rumput Laut :

 

Jenang Rumput Laut :

no images were found

 

Kembang Gula Rumput Laut :

 

Minuman Rumput Laut :

 

Crispy, Snack dan Stick :

 

Ingin tahu lebih banyak tentang P2MKP MAWAS, silahkan download file di bawah ini :

facebook

facebook

facebook

facebook

 

Silahkan isi komentar anda di bawah ini :

komentar