NAMA P2MKP : GRIYA KARYA TIARA KUSUMA
NAMA PENGELOLA : Dra. Lulut Sri Yuliani, MM
ALAMAT : Jl. Wisma Kedung Asem Indah J-28 RT.07 RW V Desa Kedung Baruk Kec. Rungkut Surabaya
TELP/HP/FAX/EMAIL : 031-77957465/081230808665
USAHA PERIKANAN YANG DIKELOLA : Budidaya dan Pengolahan Mangrove (Batik, Tempe, Sirup, Sabun, dll) Manajemen Lima Jari-Jari
KAPASITAS PRODUKSI :
  1. Batik Mangrove 30 – 100 lembar / bulan komunitas 60 orang
  2. Tempe mangrove 6,6 ton/bulan komunitas 40 orang
  3. Syrup mangrove 500 – 1000 botol/bulan
PRESTASI :
  1. Penghargaan sebagai Perintis Lingkungan Kota dari Walikota Surabaya
  2. Penghargaan Program Pemberdayaan Masyarakat dari Walikota Surabaya


Indonesia itu negara yang kaya, mempunyai hutan mangrove yang terluas didunia, sebaran terumbu karang yang eksotik, rumput laut yang terhampar dihampir sepanjang pantai, sumber perikanan yang tidak ternilai banyaknya. Indonesia merupakan negara yang mempunyai luas hutan mangrove terluas didunia dengan keragaman hayati terbesar didunia dan struktur paling bervariasi didunia. Hutan mangrove merupakan tipe hutan yang khas dan tumbuh disepanjang pantai atau muara sungai yang dipengaruhi oleh pasang surut air laut. Manfaat dari mangrove sangat banyak, selain untuk mencegah abrasi, tempat menyuplai makanan bagi ikan dan lingkungan hidup, tempat penangkaran dan pembibitan ikan. Selain itu banyak juga kegunaan dari kayu mangrove itu sendiri sebagai bahan untuk bangunan, kayu bakar, arang, kayu penangkap ikan bahkan ada juga yang dimanfaatkan sebagai bahan olahan. Salah seorang yang memanfaatkan mangrove sebagai bahan olahan adalah Griya Karya Tiara Kusuma dengan ketua pengelola Ibu Dra. Lulut Sri Yuliani, MM.

Latar belakang Griya Karya Tiara Kusuma dibentuk atas keinginan sendiri serta Kemampuan dan SDM berbasis lokal daerah dengan pengembangan potensi tepat guna dan berdayaguna, dan Meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat sekitar pada khususnya. Karena usahanya dalam menekuni dunia perikanan khususnya Mangrove menjadikan tempat usahanya sebagai Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP) dikarenakan ingin berbagi ilmu pengetahuan dan teknologi dan pengalaman kepada masyarakat lain yang membutuhkan terutama di sekitar usahanya.

Upaya peningkatan SDM petani sudah dimulai sebelum Griya Karya Tiara Kusuma dikukuhkan sbagai P2MKP yaitu melakukan penyuluhan kepada petani sekitar tentang teknis budidaya dan pengolahan mangrove menjadi batik, sirup, tempe, tepung dan lain - lain. Selain hal tersebut Griya Karya Tiara Kusuma juga mempunyai komitmen membantu program pemerintah khususnya Pemerintah Daerah dalam meningkatkan ekonomi masyarakat dan tercapainya harapan pemerintah dibidang perikanan, juga rasa tanggung jawab berbuat kepada masyarakat. Usaha yang dilakukan oleh Griya Karya Tiara Kusuma merupakan usaha yang patut dibanggakan sebagai sebuah usaha yang membutuhkan inovasi dan kreatifitas tinggi, selain itu menjagai kelestarian lingkungan.

P2MKP Griya Karya Tiara Kusuma berharap melalui P2MKP ini dapat lebih berkerja sama dengan lembaga lain dan terutama dapat menularkan ilmu berbudidaya mangrove dan menfaatkan mangrove sebagai bahan olahan dan batik kepada masyarakat lain sehingga tujuan dari P2MKP Griya Karya Tiara Kusuma ini berdiri yaitu Mensejahterakan Masyarakat sekitar dapat tercapai.

 

 

 

Silahkan isi komentar anda di bawah ini :

komentar