NAMA P2MKP : MINA AGUNG
NAMA PENGELOLA : Sugiyatno
ALAMAT : Kedungdowo Wetan RT 18 RW 05 Desa Pampang Kec. Paliyan Kab. Gunung Kidul
TELP/HP/FAX/EMAIL : 081328316935
USAHA PERIKANAN YANG DIKELOLA : Budidaya Ikan Lele Sangkuriang di Lahan Kering
KAPASITAS PRODUKSI : Luas Lahan sekitar setengah hektar dengan 60 unit kolam dengan produksi sekitar 2 ton lele
PRESTASI : Sebagai Narasumber pada acara Forum Budidaya Ikan Air Tawar yang diselenggarakan Ditjen Budidaya, Kepala Desa Berprestasi di bidang perikanan budidaya tahun 2009 oleh Pemda DIY,.


Mina Agung

Budidaya ikan organik dengan menggunakan pakan campuran, yaitu pakan buatan dan pakan dari protein nabati (daun-daunan). Berangkat dari pakan ikan (pellet) buatan pabrik saat ini sangatlah mahal sehingga untuk memperoleh keuntungan bagi pembudidaya lele sangat kecil. Kami mencoba mencari jalan (alternatif) lain bagaimana supaya budidaya lele dalam memenuhi kebutuhan pakan tidak tergantung sepenuhnya pada pakan buatan pabrik. Formula pakan lele (ransum) yang dapat dipelajari terdapat beberapa unsur daun-daunan yang dapat digunakan sebagai makanan alternatip tambahan atau campuran ransum yang mengandung cukup dan dapat memenuhi kebutuhan protein nabati dan di daerah kami (Gunungkidul) mudah didapat, diantaranya adalah Daun Lamtoro (manding) kandungan protein nabati 36,5 %, Daun Turi kandungan protein nabati 27,6 % dan daun-daunan lainnya, seperti kleresede, pepaya, bayam, kangkung dll.

Budidaya ikan organik merupakan salah satu komoditas unggulan dari P2MKP Mina Agung yang dikelola Bp. Sugiyatno yang jkuga merupakan Lurah Paliyan Kab. Gunung Kidul.

Latar belakang Bp. Sugiyatno menekuni usaha di bidang perikanan dan menjadikan tempat usahanya sebagai Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP) dikarenakan ingin berbagi ilmu pengetahuan dan teknologi dan pengalaman kepada masyarakat lain yang membutuhkan terutama di sekitar usahanya. Upaya peningkatan SDM petani sudah dimulai sebelum Mina Agung dikukuhkan sebagai P2MKP yaitu melakukan penyuluhan kepada masyarakat sekitar tentang teknis Budidaya Ikan Lele dengan pakan organik, mengadakan pelatihan bekerjasama dengan pihak sponsor dan Balai Pelatihan maupun masyarakat sekitar. Selain hal tersebut P2MKP Mina Agung juga mempunyai komitmen membantu program pemerintah dalam meningkatkan ekonomi masyarakat dan tercapainya harapan pemerintah dibidang perikanan, juga rasa tanggung jawab berbuat kepada masyarakat. Adapun basis usaha P2MKP Mina Agung adalah Budidaya Ikan Lele dengan pakan organik. P2MKP Mina Agung memiliki luas 1,5 Hektar dengan jumlah kolam sekitar 60 unit.

Kab. Gunung Kidul merupakan daerah yang kering sehingga banyak orang berpikir tidak cocok untuk berbudidaya ikan air tawar. Namun oleh Bp. Sugiyatno lahan kering bisa digunakan untuk berbudidaya. Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar P2MKP Mina Agung memberikan pelatihan untuk berbudidaya ikan lele dilahan kritis. Sampai dengan saat ini P2MKP Mina Agung telah membina ÷ 13 kelompok sebagai pembudidaya pemula.

Dengan keberadaan P2MKP Mina Agung telah membantu kesejahteraan masyarakat sekitar dengan berbudidya ikan organik, sehingga masyarakat dapat memperolah penghasilan lebih. Dengan berbagai teknologi dan didukung oleh Sumber daya alam Indonesia mudah-mudahan dapat mendukung percepatan pencapaian sasaran produksi perikanan budidaya kita.

Silahkan isi komentar anda di bawah ini :

komentar