NAMA P2MKP : AR RAHMAN
NAMA PENGELOLA : Jasril, SE
ALAMAT : Jl. M. Safe’I No. 1 RT 01 RW 01 Kel. Talang Kec. Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh
TELP/HP/FAX/EMAIL : 085376113333
USAHA PERIKANAN YANG DIKELOLA : Pembenihan dan Pembesaran Ikan Lele, Nila dan Mas, Pengolahan Hasil Perikanan
KAPASITAS PRODUKSI : Jumlah produksi budidaya ikan dari bulan Januari – Agustus 2011 adalah 3.826.200 ekor sedangkan untuk pengolahan ikan asap dari bulan Januari – Agustus 2011 adalah 9.695
PRESTASI :  

Ar Rahman adalah P2MKP dengan bidang usaha Pembenihan dan Pembesaran Ikan Lele, Nila dan Mas serta Pengolahan Hasil Perikanan yang berlokasi di Jl. M. Safe’I No. 1 RT 01 RW 01 Kel. Talang Kec. Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh yang dikelola oleh Bp Jasril, SE.

Kelompok Usaha Perikanan Ar Rahman berdiri pada tahun 2007 juga didirikan Unit Pembibitan Rakyat yang kepengurusannya dirangkap oleh Ketua Kelompok Tani yaitu Arizon. Dari tahun berdirinya UPR Ar – rahman hingga pertengahan tahun 2010 telah berjalan cukup baik namun kepengurusan UPR Ar – Rahman yang definitive belum ada, tepatnya 29 Juni 2010 dibentuklah kepengurusan defenitif dengan ketua Jasril, SE. Modal awal berdirinya UPR Ar Rahman adalah 50 ekor induk ikan nila luas areal budidaya awal adal 7,5 Ha dan awal tahun 2011 sudah diadakan pengembangan tahap 1 seluas 1,2 Ha dan tahap 2 seluas 2,5 Ha. Jumlah anggota yang ada sekarang berjumlah 74 orang, yang terdiri dari 47 orang di UPR Ar – Rahman 25 orang di kelompok pengolahan hasil perikanan ikan asap. Bidang usaha dari Kelompok Usaha Perikanan Ar – Rahman terdiri dari budidaya ikan lele, nila dan mas (pembibitan dan pembesaran) dan pengolahan (sosis, bakso, empek-empek, kerupuk ikan, ikan asap). Jumlah kolam yang adalah kolam pemijahan (5 unit dan luas lahan 52, 5 m2), kolam pendederan (55 unit dan luas lahan 5.300 m2) dan kolam pembesaran/konsumsi (75 unit dan luas lahan 42.500 m2). Selain memproduksi berbagai jenis bibit ikan, kelompok usaha perikanan Ar – Rahman juga melakukan kegiatan pengasapan ikan yang berpotensi ekspor dan telah memiliki sarana dan prasaranan sebagai berikut kolam penampungan bahan baku pengasapan, 2 unit oven manual, rumah asap dan lain-lain yang mendukung kegiatan pengolahan pengasapan ikan.

Dengan melihat latar belakang dan potensi yang ada di Kelompok Usaha Perikanan Ar- Rahman menekuni usaha di bidang perikanan budidaya dan pengolahan hasil perikanan menjadikan tempat usahanya sebagai Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP) dikarenakan ingin berbagi ilmu pengetahuan dan teknologi dan pengalaman kepada masyarakat lain yang membutuhkan terutama di sekitar usahanya. Upaya peningkatan SDM sudah dimulai sebelum Ar Rahman dikukuhkan sebagai P2MKP yaitu melakukan penyuluhan kepada masyarakat sekitar tentang teknis budidaya, pembuatan pakan, hama dan penyakit ikan dan pengolahan hasil perikanan. Selain hal tersebut Ar Rahman juga mempunyai komitmen membantu program pemerintah dalam meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar dan tercapainya harapan pemerintah dibidang budidaya perikanan dan pengolahan hasil perikanan, juga rasa tanggung jawab berbuat kepada masyarakat.

Keberadaan P2MKP Ar Rahman di kota Payakumbuh sangat diperlukan oleh masyarakat, dengan adanya P2MKP Ar Rahman dapat meningkatkan hasil usaha disektor perikanan sebagai sumber pendapatan yang primadona, meningkatkan kemampuan dan pengetahuan tentang budidaya dan pengolahan sektor perikanan baik secara manual maupun modernisasi serta dapat menggalakkan makan ikan ditengah-tengah masyarakat sebagai sumber makanan yang baik. Selain itu keberadaan P2MKP Ar Rahman dapat menyediakan lapangan kerja baru bagi masyarakat umum dan masyarakat banyak meniru dan mencontoh kegitan usaha di Ar Rahman, dengan cara belajar atau magang di tempat tersebut. Hal ini sesuai dengan tujuan awal didirikan kelompok usaha Ar Rahman.

Ar Rahman mengucapkan terima kasih kepada Badan Pengembangan SDM KP telah ditetapkannya Ar Rahman sebagai Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP). Dengan kepercayaan pemerintah ini diharapkan akan tumbuh pengusaha baru dibidang perikanan baik untuk budidaya maupun pengolahn hasil perikanan lebih banyak lagi, khususnya masyarakat yang ingin belajar, dengan demikian akan mengurangi angka pengangguran dan menaikkan tarap hidup masyarakat, lebih jauh diharapkan akan bermunculan mitra kerja baru bagi Ar Rahman.

Bp Jasril SE selaku ketua kelompok usaha perikanan Ar Rahman berkeyakinan apabila dalam berusaha dan bekerja mau berbagi kepada yang masyarakat lain sehingga masyarakat meniru kesuksesan kita, Insya Allah rejeki dan kemudahan akan di limpahkan pada kita sehingga kita tidak perlu takut akan persaingan dan ilmu kita akan habis, justru itu akan membangun kelompok dan bekerjasama maka kita akan lebih kuat dan maju.

Silahkan isi komentar anda di bawah ini :

komentar