PASIR PUTIH, MONDE : Sebanyak 50 warga usia produktif memperoleh pelatihan pembuatan makanan berbahan rumput laut dan budidaya ikan air tawar.

Lokasi pelatihan di dua tempat, Pondok Ayem Tentrem kawasan Pasir Putih pelatihan pembuatan dodol berbahan rumput laut, seperti cheese stick, selai, kerupuk dan sosis.

Sedangkan di Duren Mekar, lokasi Mina Sejahtera pelatihan budidaya ikan air tawar. Pelatihan tersebut dilakukan Forum Komunikasi Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP) yang didanai APBN Pusat.

Instruktur pelatihan pembuatan makanan berbahan rumput laut dilakukan P2MKP Winner Perkasa Indonesia Unggul, sedangkan untuk budidaya air tawar dilakukan P2MKP Mina Sejahtera.

Menurut Isnarto Ketua Forkom P2MKP Kota Depok, pelatihan yang diberikan dalam rangka membuka usaha di bidang pembuatan makanan ringan berbahan rumput laut, termasuk budidaya ikan air tawar.

Pelatihan ini dilakukan selama empat hari, terhitung dari tanggal 16-19 April 2012 diikuti 50 orang peserta, dengan rincian 30 peserta dari Pasir Putih dan 20 peserta dari Duren Mekar.

Pelatihan pembuatan makanan berbahan rumput laut ini, karena memiliki pasaran yang menggairahkan. Sedangkan rumput laut tersebut diekspor ke luar negeri.

“Jadi, dengan pelatihan ini warga bisa mengolah makanan dari rumput laut, kemudian bisa meningkatkan ekonomi keluarga,”ujarnya.

Mengenai pemasaran akan dilakukan secara bersama oleh pengurus P2MKP, terlebih di Depok sudah berdiri Forum Komunikasi P2MKP, sehingga akan mempermudah komuniasi dalam hal pemasaran.

Sementara itu, Maria Gigih Sandy, dari P2MKP Winner Perkasa Indonesia Unggul yang juga sebagai instruktur dalam pelatihan pembuatan makanan ringan berbahan rumput laut mengemukakan, home industry rumput laut di Pasir Putih adalah yang terbesar di Indonesia, dengan produksi pembuatan cocktail 2.500/pieces per bulan.

Dengan adanya pelatihan tersebut maka akan menambah usaha baru, karena di dalam pelatihan diberikan berbagai varian, seperti sosis bahan rumput laut, mie bahan rumput laut, selai bahan rumput laut dan sebagainya.(sud)

Silahkan isi komentar anda di bawah ini :

komentar