NAMA P2MKP : FLAMBOYAN
NAMA PENGELOLA : Hj. Komalasari
ALAMAT : Jl. Tugu No.40 Dusun Tugu, Rt.02 Rw. 05 Desa Pasir Halang Kec. Sukaraja Kab. Sukabumi Jawa Barat
TELP/HP/FAX/EMAIL : 0266-260340, 081802927735
USAHA PERIKANAN YANG DIKELOLA : Pengolahan dan Budidaya Belut
KAPASITAS PRODUKSI :
  1. Budidaya belut ada 6 unit kolam, 2 kolam ukuran 2,5 x 1,5 m dan 4 kolam ukuran 4 x 3 m dengan produksi sekitar 24 kg / 3 bulan / kolam
  2. Pengolahan belut dengan produksi 100 kg / hari, 3000 kg/bulan diolah menjadi dendeng, abon, stik, jamu, minyak belut dan lain-lain
PRESTASI :
  1. Figur anak bangsa berprestasi tingkat nasional
  2. Tokoh wanita inspiratif penggerak pembangunan se Jawa Barat dan IWAPI se Kabupaten
  3. Penghargaan dari Gubernur Jawa Barat atas keberhasilannya dalam pengolahan berbagai aneka olahan ikan belut.
  4. Penghargaan dari Bupati Kab. Sukabumi atas keberhasilannya dalam memberdayakan keluarga sejahtera untuk peningkatan kesejahteraan keluarga.

Belut sudah populer di masyarakat dan mulai banyak dibudidayakan, baik sebagai usaha pokok maupun usaha sampingan Desa Pasirhalang Kec. Sukaraja Kab. Sukabumi masih banyak daerah persawahan yang selain padi juga menghasilkan sampingan ikan dan belut. Selama ini masyarakat hanya memanfaatkan belut sebagai makanan tambahan sehari-hari. Melihat potensi alam yang sangat cocok untuk mengembangkan budidaya belut karena wilayah atau alamnya yang cukup luas dan curah hujan yang tinggi. Dalam hal ini ibu Hj. Komalasari melalui Kelompok Flamboyan sebagai salah satu kader penggerak PKK berupaya menggali potensi dan memberikan lapangan pekerjaan pada para petani kecil untuk bergerak dibidang budidaya belut untuk menambah kesejahteraan masyarakat.

Dengan latar belakang Flamboyan sebagai penggerak budidaya belut di Kab. Sukabumi, sehingga banyak dari masyarakat sekitar, mahasiswa bahkan ada yang datang dari Jakarta dan sekitarnya untuk belajar budidaya serta pengolahan belut. Atas peran besarnya melatih masyarakat dalam berbudidaya dan pengolahan belut menjadikan Flamboyan menjadi Pusat Pelatihan Kelautan dan Perikanan (P2MKP) pada tahun 2011.

Upaya peningkatan SDM di bidang budiaya perikanan sudah dimulai sebelum Flamboyan dikukuhkan sebagai P2MKP yaitu dengan banyak orang baik itu warga sekitar maupun mahasiswa untuk magang budidaya dan pengolahan belut, pakan, mengolah lahan budidaya, hama dan penyakit ikan belut, olahan belut menjadi beraneka olahan manakan. Selain hal tersebut Flamboyan juga mempunyai komitmen membantu program pemerintah dalam meningkatkan ekonomi kerakyatan dengan berusaha bekerja pada sektor perikanan budidaya dan pengolahan, juga rasa tanggung jawab kepada masyarakat di sekitar untuk bisa berkarya dan mendapat tambahan penghasilan dengan berusaha pada bidang budidaya dan pengolahan belut.

Ibu Hj. Komalasari sebagai ketua pengelola P2MKP Flamboyan berharap dapat menularkan ilmunya tentang budidaya serta pengolahan ikan belut kepada orang lain sehingga akan terwujudnya masyarakat lebih sejahtera. Dengan telah ditetapkan Flamboyan menjadi P2MKP, Ibu Hj. Komalasari berharap dapat meningkatkan kemampuan kelompok pembudidaya dalam menjalankan usahanya dengan cara peningkatan usaha, pengetahuan, sikap dan keterampilan disertai dengan kemampuan yang keras dalam menjalankan usahanya sesuai dengan tujuan dari berdirinya P2MKP Flamboyan.

Silahkan isi komentar anda di bawah ini :

komentar