NAMA P2MKP : OCEANFRESH
NAMA PENGELOLA : Dr. Ir. Linawati Hardjito, MSc.
ALAMAT : Kp. Cihideung Ilir RT. 05 RW. 03 Kel. Cihideung Kec. Ciampea Kab. Bogor
TELP/HP/FAX/EMAIL : 0811111447,  085256769775, 0251-8622916

thp_ipb@ipb.ac.id

USAHA PERIKANAN YANG DIKELOLA : Pengolahan asil Perikanan
KAPASITAS PRODUKSI : Skala produksi 20 kg ikan / batch
PRESTASI :

Ocean Fresh adalah P2MKP yang bergerak bidang usaha Pengolahan Hasil Perikanan yang berlokasi di Kp. Cihideung Ilir RT. 05 RW. 03 Kel. Cihideung Kec. Ciampea Kab. Bogor yang dikelola oleh Ibu Dr. Linawati Hardjito, M.Sc. Selain sebagai pengelola P2MKP Ocean Fresh, ibu Dr. Linawati Hardjito, M.Sc juga merupakan dosen Institut Pertanian Bogor (IPB). Kegiatan produksi Ocean Fresh dilakukan diatas lahan 2900 m2, dengan skala produksi 20 kg ikan / batch. Skala produksi Ocean Fresh tergantung dari permintaan, peningkatan kapasitas produksi telah direncanakan sesuai dengan meningkatnya jumlah permintaan, demikian juga diversifikasi produk selalu menjadi penciri usaha perusahaan terkait erat dengan hasil – hasil penelitian yang siap untuk dicobakan di dunia bisnis. Basis usaha Ocean Fresh adalah diversifikasi produk turunan surimi, Pembuatan bakso, nugget, dll dari ikan ( lele, nila, lain-lain) dengan tambahan rumput laut, Pembuatan mie rumput laut, Pembuatan cake pisang-rumput laut, Pembuatan stik ikan-rumput laut, Pembuatan filet ikan asap, Pembuatan ikan filet tepung roti. Hasil produk Ocean Fresh telah dipasarkan digerai-gerai Serambi Botani – IPB, Kalibata City, Farmer Market IPB.

Latar belakang Ibu Dr. Linawati Hardjito, M.Sc menekuni usaha di bidang pengolahan hasil perikanan sehingga menjadikan tempat usahanya sebagai Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP) dikarenakan ingin berbagi ilmu pengetahuan dan teknologi dan pengalaman kepada masyarakat lain yang membutuhkan terutama di sekitar usahanya. Upaya peningkatan SDM sudah dimulai sebelum Ocean Fresh dikukuhkan sebagai P2MKP yaitu melakukan penyuluhan kepada masyarakat sekitar tentang teknis pengolahan hasil perikanan, mengadakan pelatihan bekerjasama dengan pihak sponsor maupun Universitas. Selain hal tersebut Ocean Fresh juga mempunyai komitmen membantu program pemerintah dalam meningkatkan ekonomi masyarakat dan tercapainya harapan pemerintah dibidang perikanan, juga rasa tanggung jawab berbuat kepada masyarakat.

Teknologi yang digunakan di P2MKP Ocean Fresh selama proses produksi untuk semua produk adalah hasil penelitian dosen dan mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB), sedangkan untuk instruktur yang melatih di P2MKP Ocean Fresh adalah tenaga ahli pengolahan hasil perikanan yang berpengalaman memberikan berbagai pelatihan ditempat peserta pelatihan (dengan koordinasi instansi setempat) atau di lokasi P2MKP Ocean Fresh dengan peserta yang dikirim oleh instansi asal peserta. Keberadaan P2MKP Ocean Fresh tentu sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar khususnya ataupun bagi masyarakat lain umumnya. Karena masyarakat butuh informasi dan pelatihan tentang produk olahan ikan bagi masyarakat yang ingin terjun di bidang pengolahan perikanan. Ibu Dr. Linawati Hardjito, M.Sc yakin apabila dalam berusaha kita mau berbagi kepada yang lain Insya Allah rejeki dan kemudahan akan di limpahkan pada kita, dan dengan bekerjasama dan bersatu maka kita akan lebih kuat dan maju.

Ocean Fresh mengucapkan terima kasih kepada Badan Pengembangan SDM KP telah ditetapkannya Ocean Fresh sebagai Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP). Dengan kepercayaan pemerintah ini diharapkan akan tumbuh pengusaha baru di bidang pengolahan hasil perikanan lebih banyak lagi, khususnya masyarakat yang ingin belajar dan berlatih, dengan demikian akan mengurangi angka pengangguran dan menaikkan tarap hidup masyarakat, lebih jauh diharapkan akan bermunculan mitra kerja baru bagi Ocean Fresh.

Silahkan isi komentar anda di bawah ini :

komentar