(Jakarta, Pelita Online 14/11/13) – Untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) di bidang kelautan dan perikanan, pemerintah terus menggalakkan program pelatihan. Salah satunya dengan mencetak tenaga ahli profesional dan memenuhi standar internasional, serta mencetak wirausaha muda melalui Gelar Pelatihan Nasional (GPN) bidang kelautan dan perikanan.

“Kami berharap masyarakat bisa memiliki sumber daya manusia yang memenuhi standar dan kebutuhan industri dalam negeri di sektor kelautan dan perikanan,” kata Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif C Sutardjo di Jakarta, kemarin. Langkah seperti itu diharapkan dapat mendorong kemandirian masyarakat dalam pengelolaan sumber daya kelautan untuk kepentingan ekonomi dan kesejahteraan.

Ia menambahkan, dengan adanya komitmen Indonesia bersama dengan anggota ASEAN untuk mengimplementasikan ASEAN Economic Community pada 2015, kesempatan kerja di sektor kelautan dan perikanan yang tersedia di dalam negeri akan menjadi incaran pekerja asing. Menghadapi hal itu, tingginya kualitas, profesionalitas dan kompetensi SDM menjadi sesuatu yang tidak dapat ditawar lagi. Karena itu, perlu terobosan di dalam pengembangan SDM, salah satunya melalui pelaksanaan GPN.

Pelatihan ini tidak hanya mencetak tenaga kerja di bidang kelautan dan perikanan saja, melainkan diarahkan menjadi wirausaha muda yang bisa menciptakan lapangan kerja baru di dalam negeri.

Diharapkan terbangun jejaring usaha, jejaring informasi teknologi memperbaharui sistem usaha yang ada melalui pengenalan tekhnologi baru.

Kemudian, pemasaran antara purnawidya atau lulusan pelatihan dengan pengelola P2MKP. Hal itu merupakan pelaku usaha maju dan kerja sama dalam menyelenggarakan pelatihan dan pendampingan pasca pelatihan dari kementerian/lembaga, BUMN/swasta dan stakeholder sesuai program pemberdayaan masyarakat. Selain itu, memberikan teknis pelatihan kelautan dan perikanan kepada masyarakat dapat semakin mudah diakses.

GPN merupakan kegiatan tahunan KKP, melalui Badan Pengembangan SDM Kelautan dan Perikanan (BPSDM KP), yang menggelar berbagai jenis pelatihan di sektor kelautan dan perikanan.

Kegiatan bertema “Sinergi Pelatihan Nasional Untuk Mendukung Perluasan Kesempatan Kerja dan Penciptaan Wirausaha baru di Bidang Kelautan dan Perikanan”. (vin)

SUMBER : PELITA ONLINE

Silahkan isi komentar anda di bawah ini :

komentar